Kemenkeu: PMK 15 Beri Kepastian Hukum Pemeriksa dan Wajib Pajak

Sumber

MATARAM – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menjelaskan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15/PMK.03/2018 tentang Cara Lain untuk Menghitung Peredaran Bruto dibuat untuk memberikan kepastian hukum bagi pemeriksa dan wajib pajak.

“PMK ini untuk memberikan kepastian dan keadilan sekaligus menjamin kepada wajib pajak bahwa pemeriksa menggunakan metode yang dipertanggungjawabkan,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP, Hestu Yoga Saksama, dalam temu media di Mataram, NTB, Rabu (18/4/2018) malam.

BERITA TERKAIT +

 

(ilustrasi: Shutterstock)

PMK Nomor 15/PMK.03/2018 memuat mengenai delapan metode untuk menghitung peredaran bruto wajib pajak yang tidak menyelenggarakan kewajiban pencatatan atau pembukuan.

Delapan metode penghitungan peredaran bruto yang termuat dalam PMK 15 yaitu transaksi tunai dan nontunai, sumber dan penggunaan dana, satuan dan atau volume, penghitungan biaya hidup.

Kemudian, pertambahan kekayaan bersih, berdasarkan surat pemberitahuan atau hasil pemeriksaan tahun pajak sebelumnya, proyeksi nilai ekonomi, dan atau penghitungan rasio.

“Dalam wajib pajak patuh, serta pembukuan dan pencatatan ada, tidak akan diterapkan metode ini,” kata Hestu.

 

(ilustrasi: Shutterstock)

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Peraturan Perpajakan II DJP Yunirwansyah menjelaskan bahwa penerapan metode penghitungan dalam PMK 15 digunakan hanya pada saat pemeriksaan dan tidak bisa digunakan sebagai imbauan kepada wajib pajak.

Ia menjelaskan pula bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara penggunaan metode penghitungan peredaran bruto dengan cara lain akan diatur dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak.

(rzy)


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:30 Stack trace: #0 /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(648): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home2/corongid...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('transient') #2 {main} thrown in /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 30