Kesadaran Pelaporan SPT Wajib Pajak Meningkat 13 Persen

Ilustrasi (Foto: dokumen)

INFONAWACITA.COM – Pelaporan surat pemberitahuan (SPT) wajib pajak tahun ini bisa dkategorikan cukup sukses. Ditjen Pajak Kementerian Keuangan mencatat adanya kenaikan pelaporan SPT wajib pajak sebesar 13 persen dari tahun lalu.

“Per tadi pagi sudah 8,7 juta SPT yang masuk ke kantor pajak, meningkat 13 persen dari tahun lalu,” ungkap Dirjen Pajak Robert Pakpahan di kantor Wakil Presiden, Jakarta seperti dikutip Metrotvnews.com pada Rabu (28/3/2018).

Sehingga, kata Robert, kepatuhan masyarakat pada pajak secara keseluruhan saat ini berada di angka 58 persen. Ia pun berharap angka ini terus naik setiap tahunnya. Hingga mencapai 80 persen dari 18 juta wajib pajak baik dari perorangan atau badan.

Info Terkait: Presiden Jokowi Minta Daerah Manfaatkan Kepercayaan Dunia Bisnis

Belakangan, pemerintah lewat Kementerian Keuangan, memang terus menggenjot peningkatan kesadaran pembayaran pajak. Mulai dari program tax amnesty hingga pelaporan pajak secara online (e-filing).

Info Terkait: Perempuan Pedesaan Di Banten Dapat Pelatihan Dari Pemerintah, Ini Penjelasan Kementerian PP Dan PA

Info Terkait: Pemerintah Siapkan Instrumen Untuk Intervensi Tarif Ojek Daring, Ini Penjelasan Menhub

E-filing ini juga, lanjut Robert, dapat dibilang cukup sukses karena bisa mengurai antrean di Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

“Kita lihat di KPP antreannya tidak setinggi tahun lalu. Biasanya untuk bertanya, sekarang bertanya lewat internet juga cukup mudah,” jelas Robert. (DS/zh)