Kiprah Sri Mulyani: Menteri Terbaik Dunia di Kabinet Indonesia Maju

Sumber

Jakarta – Wanita kelahiran Tanjung Karang 26 Agustus 1962 ini merupakan lulusan ekonomi Universitas Indonesia tahun 1986. Kemudian dia melanjutkan pendidikannya ke University of Illinois, Urbana Champaign, United States ia meraih gelar master of kebijakan ekonomi pada 1990 dan meraih gelar Ph.D ekonomi (1992).

Pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yuhdoyono, Sri Mulyani pernah menjabat sebagai kepala Bappenas. Kemudian ia menjadi Menteri Keuangan pada Desember 2005.

Dalam periode tersebut, Sri Mulyani menjaga stabilitas perekonomian, menjaga kebijakan fiskal dan menurunkan utang sampai meningkatkan kepercayaan investor.

Pada September 2016, Sri Mulyani mendapatkan penghargaan Menteri Keuangan terbaik di Asia untuk kategori emerging market di pertemuan tahunan IMF World Bank di Singapura.

Pada 2008 dia masuk dalam kategori perempuan berpengaruh di dunia versi majalah Forbes dan perempuan berpengaruh nomor 2 di Indonesia versi majalah Globe Asia tahun 2007. Kemudian Sri Mulyani juga menjai menteri keuangan terbaik versi Euromoney pada 2006.

Pada 2008, Sri Mulyani juga menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Kemudian dua tahun kemudian dia didapuk menjadi Managing Director dan Chief Operating Officer di Bank Dunia pada Juni 2010 dan menjalani jabatan tersebut selama 6 tahun.

Ia kembali ke Indonesia pada 2016, ketika Jokowi meminta dirinya kembali sebagai Menteri Keuangan. Dua tahun berikutnya, yakni pada Februari 2018 Sri Mulyani berhasil menyabet penghargaan menteri keuangan terbaik di dunia di World Goverment Summit Dubai. Pada tahun yang sama bulan Oktober Global Markets juga menjadikan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan terbaik se Asia Pasifik.

Saat ini Sri Mulyani tinggal di Jakarta bersama suaminya Tonny Sumartono dan tiga anak serta 4 cucu.

Simak Video “Sri Mulyani: Suatu Kehormatan Bisa Bantu Presiden Bangun RI Bebas Korupsi
[Gambas:Video 20detik](kil/dna)

Kontributor:

Comments are closed.