Korsel Lirik-lirik Proyek Pembangunan Ibu Kota Baru

Jakarta – Ibu kota Indonesia mau dipindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Korea Selatan (Korsel) dikabarkan mulai membidik proyek di ibu kota baru.

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin bercerita bahwa Korea sudah menyatakan minatnya untuk ikut berpartisipasi ke pembangunan ibu kota baru.

“Yang menarik buat mereka itu sekarang ada isu ibu kota baru kecenderungannya mau partisipasi. Ini sudah menyatakan (minatnya) tadi,” ucap Syarif di Hotel Sheraton Grand Gandaria, Kamis (26/9/2019).

Namun, menurutnya Korea belum mengajukan akan menggarap apa di ibu kota baru. Menurut Syarif, negara ginseng ini sedang menimbang potensi bidang yang akan dimasuki serta skema-skema pembiayaannya.
“Masih belum ngomong mau kerja apa dia, masih keinginan aja, biar dia liat skema kerja samanya aja, mereka cocokkan di mana baru masuk. Sambil melihat apa potensinya yang mereka bisa ambil,” jelas Syarif.

Syarif menilai Korea mungkin akan memberikan teknologi informasinya (IT), pasalnya sektor tersebut menjadi andalan Korea. Bukan cuma soal bisnis dan membangun saja, dengan masuknya Korea menuntut Syarif bisa mendorong alih teknologi.

“IT-nya mereka ini menonjol. Tinggal pendekatan- pendekatan aja kita lihat, yang penting ujungnya efisiensi dan keberpihakan, jadi ada transport knowledge (alih teknologi),” ujar Syarif.

Simak Video “Selamat Datang di Pelabuhan Penajam, Gerbang Selatan Ibu Kota Baru
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)