Lapor SPT di Jakarta, Pajak Wapres Jusuf Kalla Sempat Kurang Bayar

Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelum mengikuti rapat terbatas tindak lanjut kebijakan satu peta di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (5/2/2018). – ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan penyampaian laporan surat pemberitahuan (SPT) pajak tahunan di Kantor Wakil Presiden, Rabu (28/3/2018).

Jusuf Kalla atau JK mengaku pencatatan pajak dirinya ada di Makassar. Namun, karena kesibukannya penyampaian laporan SPT harus dilakukan di Jakarta

BACA JUGA :

“Sudah kirim SPT. Saya tuh basisnya di Makassar, saya punya pajak bayar di Makassar. Tapi karena tidak sempat ke makassar maka diadakan di sini,” Rabu (28/3/2018).

Ketika ditanyai terkait dengan status SPT-nya, dia tertawa lebar karena masih ada yang kurang bayar.

“Ada kurang bayar. Tapi sudah dibayar. Kalau di Makassar saya selalu nomor satu. Di Makassar, selalu perusahaan, pribadi [dilaporkan],” katanya.

Dengan kemajuan teknologi, Wajib Pajak kini dapat menyampaikan laporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan melalui elektronik sistem yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak.

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-48/PJ/2011, Ditjen Pajak memperluas sarana pelaporan SPT PPh melalui tiga cara. Salah satunya, memanfaatkan e-Filling pada website Ditjen Pajak atau Penyedia Jasa Aplikasi (Application Service Provider/ASP).

Selain itu, dapat pula melalui pos dengan bukti pengiriman surat ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). WP juga bisa memberikan laporan melalui jasa ekspedisi dengan bukti pengiriman surat ke KPP.