Laporkan SPT Tahunan Pajak secara Online

PROKAL.CO, TANJUNG REDEB – Memberikan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak untuk menunaikan kewajibannya terus dilakukan. Salah satunya dengan pelayanan pajak online yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjung Redeb dengan mensosialisasikan fitur e-Filing. Di mana, masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan (Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak orang pribadi yang batas akhir penyampaian tinggal beberapa hari lagi, yakni 31 Maret 2018.

Bupati Berau Muharram bersama Wakil Bupati Berau Agus Tantomo, telah menyampaikan secara online SPT Tahunan pajak orang pribadi. Hal itu ditunjukkan dengan hasil penyampaian yang juga disampaikan secara online. Secara simbolis laporan penyampaian SPT melalui aplikasi e-filing ini ditunjukkan Kepala KPP Pratama Tanjung Redeb, Immanuel Ambarita kepada Bupati Muharram dan Wabup Agus Tantomo di ruang kerjanya masing-masing, Selasa (27/3).

E-Filing sendiri adalah suatu cara penyampaian SPT secara elektronik yang dilakukan secara online dan realtime melalui internet di situs DJP Online (https://djponline.pajak.go.id). Melalui sistem ini, penyampaian SPT dapat dengan mudah dilakukan wajib pajak kapan saja dan di mana saja. Bahkan dapat dengan mudah melalui smartphone.

Kepala KPP Pratama Tanjung Redeb, Immanuel Ambarita, mengungkapkan selain kelebihannya yang mudah, cepat, dan bisa dilakukan kapan saja, pelaporan SPT dengan e-Filing ini bersifat wajib bagi seluruh Wajib Pajak yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang berstatus aktif. Selain Pegawai Negeri Sipil, fitur ini juga bisa digunakan oleh pegawai swasta atau pegawai tidak tetap lainnya.

“Sebelum menyampaikan SPT dengan e-Filing, pastikan wajib pajak sudah memiliki Bukti Potong 1721 A-1 bagi karyawan swasta atau 1721 A-2 bagi PNS, TNI dan Polri, Rekap Bukti Potong PPh final (jika ada), daftar harta dan utang, serta daftar tanggungan. Data-data itulah yang menjadi isian SPT Tahunan orang pribadi,” jelasnya.

Dengan penyampaian SPT e-Filing PPh OP tahun 2017 oleh Bupati dan Wakil Bupati Berau ini, diharapkannya segera diikuti oleh seluruh wajib pajak di Kabupaten Berau, karena jatuh tempo pelaporan SPT Tahunan PPh OP tahun 2017 yakni 31 Maret 2018. Apabila wajib pajak mengalami kesulitan mengisi SPT, bisa mendatangi Pos Pelayanan Pajak Berau di Jalan Mangga II, Tanjung Redeb, Berau atau bisa menghubungi kring pajak di 1500 200.

“Perlu ditekankan juga bahwa pada hari Sabtu, 31 Maret 2018 seluruh kantor pajak dibuka untuk melayani penyampaian SPT Tahunan pada pukul 08.00 sampai 17.00 Wita,” tandasnya.

Sementara Bupati Berau Muharram mengajak masyarakat Berau yang belum menyampaikan SPT tahunan segera menyampaikan sebelum akhir Maret. Terlebih saat ini kemudahan dalam pelayanan ini juga telah diberikan, termasuk melalui online yang dapat dilakukan di mana dan kapan saja.

Kewajiban menunaikan pajak, kata Muharram, merupakan peran aktif dalam pembangunan, karena pajak dikembalikan untuk membiaya pembangunan. “Kami mengimbau masyarakat untuk segera menyampaikan SPT Tahunan yang saat ini sudah bisa dilakukan melalui e-filing sebelum waktunya berakhir,” imbau bupati.(hms4/asa)