Layanan Perbankan, Co-Working Space & Cafe Jadi Satu di BRIWork UGM

Sumber

Yogyakarta

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meresmikan konsep baru kantor kas yang lebih modern. Konsep baru itu dikemas dengan nama BRIWork yang merupakan model Bank Store yang memadukan layanan perbankan, co-working space, cafe dan ruang publik dalam satu lokasi.

BRIWork yang dibangun di Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menjadi lokasi pertama kantor bank yang terintegrasi co-working space. Sekaligus menjadi yang pertama di Indonesia.

“Jadi BRIWork ini suatu platform yang disediakan BRI dan BRIWork di UGM ini yang pertama. Konsepnya mengkolaborasikan co-working space dengan layanan perbankan. Jadi kita harapannya adalah menjadi integrator ekosistem yang ada di kampus, antara mahasiswa, startup masyarakat umum dan tentu saja,” ujar Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto seusai meresmikan BRIWork UGM, Jumat (14/2/2020).

BRIWork memilih model co-working space karena saat ini kolaborasi menjadi tren di kalangan startup dan generasi milenial. Yakni dengan menyediakan fasilitas untuk berkumpul dan berkomunikasi yang akhirnya akan membentuk ekosistem yang saling menguntungkan.

“Sehingga umpamanya mereka mempunyai rencana rencana bisnis dalam startup kita juga wadahi di sini dengan menyediakan bentuk bentuk layanan yang juga sesuai dengan kebutuhan mereka,” katanya.

Layanan perbankan di BRIWork ini berbeda dengan kantor cabang Bank BRI pada umumnya. Banking Assistant akan lebih mobile dan memberikan pelayanan yang lebih nyaman dengan menggunakan teknologi perbankan terkini.

“Tentunya layanan di BRIWork ini bentuknya digital. Dengan demikian kaum milenial akan mendapatkan layanan dari BRI yang berkonsep digital sesuai dengan kebutuhan mereka,” jelasnya.

Layanan Perbankan, Co-Working Space & Cafe Jadi Satu di BRIWork UGMFoto: Jauh Hari Wawan S /detikcom

Pada 2020, Catur mengatakan akan membangun BRIWork lain. Lokasinya, kemungkinan besar juga masih akan di sekitar area kampus.

“2020 kita rencananya akan bangun 10 BRIWork di Indonesia, kemungkinan tetap di sekitar kampus. Kami ingin membantu kalangan mahasiswa untuk lebih mudah menemukan ruang kolaborasi dan menyalurkan ekspresi mereka agar tumbuh menjadi UMKM dan start up di masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM, Paripurna berterima kasih atas kerja sama yang dilakukan. Menurutnya, co-working space adalah sebuah bentuk keniscayaan. Sebab, model belajar tidak melulu di dalam kelas dan membawa buku.

“Sekarang yang dibutuhkan orang kreatif yang dibangun dari interaksi. Saya mengapresiasi kerja sama ini karena dengan persaingan global ini negara itu butuh orang kreatif yang bisa menciptakan startup,” kata Paripurna.

Dekan Fisipol UGM, Erwan Agus Purwanto turut berterimakasih karena ada tempat kerja nyaman yang dibangun oleh BRI berupa co-working space. Menurutnya, keberadan BRIWork ini bisa menjadi tempat nyaman untuk mengembangkan ide.

“Mudah-mudahan dengan tambahan fasilitas yang nyaman ini bisa mengembangkan ide dan memunculkan start up baru,” katanya.

(ega/hns)