Lion Lapor Kebocoran Data Penumpang ke Pihak Berwajib Malaysia

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memanggil manajemen Lion Group. Pemanggilan ini dilakukan untuk meminta penjelasan soal kebocoran data penumpang.

Usai pertemuan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani menjelaskan Lion Group sudah melapor soal kasus kebocoran data ini ke pihak berwajib di Malaysia. Pasalnya peristiwa kebocoran ini terjadi di Malaysia.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Lion Group, mereka bilang hal ini sudah dilaporkan ke pihak berwajib. Kejadiannya itu adalah di Malindo yang beroperasi di Malaysia,” kata Semuel, di kantor Kominfo, Kamis (19/9/2019).

Semuel melanjutkan usai dilaporkan ke pihak berwajib Malaysia, kasus ini mulai diselidiki.

“Pihak berwajib di Malaysia sedang melakukan investigasi. Kita akan menunggu hasil investigasi pihak Malaysia, berapa jumlah pasti datanya dan pelakunya kita kan belum tahu,” kata Semuel.

Dia pun menambahkan Pemerintah Indonesia akan siap apabila Malaysia meminta bantuan untuk investigasi. Sebab, meski terjadi di Malaysia kejadian ini menimpa perusahaan Indonesia.

“Itu bisa dilakukan (investigasi bersama), kita akan berkoordinasi. Karena ini menyangkut kepentingan entitas perusahaan Indonesia, kedua bisa jadi ada data orang Indonesia di sana,” kata Semuel.

Simak Video “Pilot Lion Air yang Pukul Pegawai Hotel Jadi Tersangka
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)