Menkeu: Ekonomi Ingin Tumbuh Diatas 6%, Inflasi Harus Dibawah 4%

sri(infomoneter)-Laju inflasi harus tetap dijaga kurang dari 4%, jika pertumbuhan ekonomi Indonesia ingin tumbuh di atas 6%. Ketika besar laju inflasi dibawah 4%, maka konsumsi akan meningkat di atas 5%. Hal itu akan mendorong pertumbuhan investasi yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekonomi di atas 6%. Karena itu, pemerintah Kabinet Kerja akan tetap menjaga perbaikan regulasi perekonomian secara strategis, ujar Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI.

 “Soal pendanaan, pemerintah masih mengandalkan penerimaan dari sektor pajak. Meski demikian, pemerintah pada 2018 mendatang tidak akan cepat-cepat melakukan prefunding. Kami saat ini masih akan terus menjaga penerimaan pajak, apakah itu akan harmonis atau tidak, tetapi semua penerimaan pajak diharapkan merata pada Desember 2016 hingga Februari 2017,” paparnya.
 
Sri Mulyani juga mengungkapkan, kendati pinjaman dapat dijadikan sebagai sumber untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018, tetapi itu akan diseimbangkan dengan anggaran pemerintah dan non-pemerintah karena defisit masih diperkirakan berkisar sekitar 2,2%. “Itu karena penerimaan pajak diprediksi akan tumbuh 17% jika ekonomi tumbuh sekitar 6,1% dengan laju inflasi sekitar 3,7%,” pungkasnya. (abr)

Infomoneter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *