Menteri Keuangan Nggak Tau Ada Instansi Yang Jam Kerjanya Hanya Sampai Jam 3

Jakarta -Kementerian Perindustrian hari ini mencanangkan sistem dan nilai dan budaya kerja, untuk memaksimalkan kinerja pegawainya. Budaya kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus diubah.

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mengatakan Kementerian/Lembaga harus bisa mengubah sosok birokrat atau PNS-nya. PNS harus memberikan kontribusinya secara utuh terhadap pekerjaannya sehingga hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Kita bekerja untuk kesempurnaan. Kalau belum selesai, kita merasa belum puas, ya lanjutkan. Jangan karena sudah jam 5 kita pulang. Pokoknya output-nya harus the best. Kesempurnaan penting di dalamnya profesional dan integritas. Kita ingin kesempurnaan mendorong birokrat yang inovatif,” tegas Bambang, dalam acara Pencanangan Nilai dan Budaya Kerja, di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Bambang menyebutkan, sistem dan nilai kerja yang telah diterapkan dalam sebuah institusi harus dimulai dari pejabat paling tinggi terlebih dahulu. Pelaksanaannya juga harus diawasi agar pelaksanaannya sesuai dengan yang disepakati dari awal.

“Harus berlaku dari pimpinan sampai pelaksana. Untuk melancarkan harus ada guiding team atau changing team. Harus ada individu yang menjadi agen perubahan, memastikan bahwa perubahan mulai terjadi di unit Eselon I dan unit kerja masing-masing. Yang penting ada yang in charge untuk memastikan nilai-nilai sudah dipahami secara mendalam,” kata Bambang.

Bambang menambahkan, seringkali dalam penerapannya aturan dan kesepakatan tidak dijalani sebagaimana mestinya. Hal ini dikarenakan masing-masing Dirjen membentengi para pejabat eselon dan bawahannya masing-masing. Sehingga nilai dan budaya kerja tidak dapat berjalan secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *