Pagar Gedung DPR RI Rusak, Segini Kisaran Harganya

Jakarta – Demo mahasiswa pada Senin (23/9/2019) malam kemarin membuat pagar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat RI rusak. Hal itu dikarenakan saat aksi demo berlangsung mahasiswa memaksa masuk dengan menggoyang-goyangkan pagar, memanjat pagar, hingga merusaknya.

Lalu, berapa kira-kira harga pagar yang dirusak oleh mahasiswa tersebut?

Salah satu pelaku usaha yang menggeluti bisnis pembuatan pagar, Design Interior & Besi Tempa, Rini menjelaskan bahwa pagar seperti yang terpasang di gedung DPR RI merupakan besi berjenis nako yang memiliki ketebalan sekitar 5cm. Pagar dengan jenis besi seperti ini biasanya dihargai Rp 2,1 juta/meter sudah termasuk biaya pemasangan.

“Oh itu bahannya lima per lima. Satu batang per meternya Rp 2,1 juta itu”, kata Rini saat dihubungi detikcom (24/09/2019).
Dari situ, harga pagar tinggal dikalikan dengan biaya permeternya. Jika tinggi pagar yang terpasang di gedung DPR RI berukuran 2,5 meter, itu artinya satu batang pagar bernilai Rp 5,25 juta.

Katakan saja ada sekitar 10 batang pagar yang rusak, maka jika dihitung kerugian yang ditanggung akibat kerusakan tersebut mencapai Rp 52,5 juta.

Namun biaya itu masih bisa bertambah lantaran kerusakan pagar itu biasanya merembet pada kerusakan struktur bangunan penyangganya.

Simak Video “Panas! Mahasiswa Rusak Pagar Gedung DPR RI
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)