Pak Jokowi, Ini Tips dari Korsel Biar Mulus Pindahkan Ibu Kota

Jakarta – Pemerintah akan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Saat Indonesia masih rencana, Korea Selatan (Korsel) sudah menjalankannya. Saat ini Korsel sedang bertahap memindahkan ibu kota dari Seoul ke Sejong.

Bermodalkan pengalaman itu, Korea pun memberikan beberapa saran untuk Indonesia dalam memindahkan ibu kota. Peneliti Korea Institute of Construction Technology (KICT) Chang Soo-Ho mengatakan transportasi menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam memindahkan ibu kota. Konektivitas kota harus menjadi poin utama dalam memindahkan ibu kota.

“Yang terutama itu transportasi, harus dipikirkan bagaimana sambung ibu kota baru. Kita di Korea pun masih memikirkan cara hubungkan Seoul ke Sejong,” jelas Chang di Hotel Sheraton Grand Gandaria, Kamis (26/9/2019).

Selain itu pembangunan rumah-rumah untuk para pegawai negeri yang dipindah ke ibu kota baru pun harus diselesaikan sebelum pemerintahan dipindah.

“Lalu pemindahan rumah-rumah, itu harus disiapkan dulu semuanya. Baru petugas-petugas pemerintah itu dipindahkan,” ucap Chang.

Chang juga mengingatkan kalau mau memindahkan ibu kota, harus mengantongi persetujuan dan izin masyarakat sekitar lokasi.

“Jangan lupa kesepakatan dan persetujuan masyarakatnya di sana jangan sampai ada penolakan,” ujar Chang.

Menurut Chang Korsel hingga kini sedang melakukan pemindahan ibu kota dari Seoul ke Sejong. Pemerintah Korsel memindahkan pusat pemerintah berikut 36 kementerian dan lembaganya ke Sejong.

Pembangunan Sejong menjadi ibu kota baru sendiri sudah dimulai sejak 2011.

“Korea sendiri juga pindah ibu kota tapi masih di Seoul pemerintahannya, di Sejong baru pemindahannya, bangun-bangunnya,” kata Chang.

Dia menilai pemindahan ibu kota pun tidak akan memakan waktu sebentar buktinya Korea hingga kini belum selesai memindahkan ibu kotanya.

“Memang masalahnya banyak dan pasti lama, ini pun sudah 10 tahun masih memindahkan,” kata Chang.

Simak Video “5 Kali ke Korsel, Natasha Rizky Tak Kesulitan Temukan Makanan Halal
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)