pmTsHjvii96GPjQAwi-agzZG4CB4ZbnTkjdLI4picFg

Partai Demokrat Optimistis Raih Sukses di Pemilu 2019

Bogor – Partai Demokrat optimistis dapat meraih kesuksesan pada Pemilu 2019. Sebabnya, seluruh elemen partai telah menyiapkan diri untuk berjuang merebut kemenangan.

“Partai Demokrat memiliki keyakinan bahwa dengan izin dan pertolongan Allah, Partai Demokrat akan sukses dalam Pemilu 2019. Mengapa? Karena kami siap dan akan berjuang sekuat tenaga. Ini modal yang utama,” kata Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), saat berpidato dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3).

Menurut SBY, Partai Demokrat belajar dari pengalaman masa lalu, Pemilu 2009. Ketika itu, Demokrat meraih kemenangan dengan gemilang. “Tetapi Pemilu 2014, kami kalah. Perolehan Partai Demokrat menurun tajam dibandingkan Pemilu 2009,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada Pemilu 2009, Partai Demokrat mendapatkan 20,8 persen suara. Sedangkan pada Pemilu 2014, perolehan suara merosot menjadi 10,19 persen.

Menurut SBY, terdapat dua penyebab anjloknya elektabilitas. Pertama, beberapa kader partai terlibat korupsi. “Meski ada sejumlah partai waktu itu yang jumlah kadernya korupsi lebih banyak, tapi karena kami di pemerintahan, kami lah yang kena,” ungkapnya.

SBY menegaskan, partainya belajar dari pengalaman pahit tersebut. Dirinya bersyukur selama empat tahun terakhir, kader partai yang terjerat kasus korupsi jumlahnya sangat kecil. “Jauh dibawah beberapa partai lain. Partai Demokrat bertekad, mari kita jaga keadaan seperti ini agar kita sukses,” tegasnya.

Untuk faktor kedua, kata SBY, pada Pemilu 2014, partainya tidak mengusung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). “Insya Allah dalam Pilpres 2019 (Pemilu Presiden dan Wakil Presiden), Partai Demokrat akan mengusung pasangan capres dan cawapres yang paling tepat dan baik,” katanya.

Pengumuman pasangan capres dan cawapres, menurut SBY, nantinya akan diumumkan. “Beberapa bulan ke depan putra-putra terbaik bangsa, putri-putri terbaik bangsa akan kami umumkan sebagai pasangan calon yang akan diusung Partai Demokrat. Harap bersabar. Pada saatnya akan kami sampaikan,” ungkap Presiden kelima RI ini.

Sumber: Suara Pembaruan

One thought on “Partai Demokrat Optimistis Raih Sukses di Pemilu 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *