Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Baru Dapat Rp 2 Miliar

Jakarta – Desain Nagara Rimba Nusantara memenangkan sayembara ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Pemilik desain tersebut mengantongi hadiah Rp 2 miliar. Prosesi penyerahan hadiah secara simbolis dilakukan hari ini oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Kita dengan sayembara dapat 5 desain yang terbaik untuk ibu kota kita. Desain kan pasti imajinasi orang pasti beda-beda,” kata Basuki dalam sambutannya di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Ada lima desain yang memenangkan sayembara, yaitu Harapan II adalah Benua Rakyat Nusantara, Harapan I adalah Zamrud Khatulistiwa, Pemenang III adalah Kota Seribu Galur, Pemenang II adalah The Infinite City, dan Pemenang I adalah Nagara Rimba Nusantara.

Hadiah yang diterima masing-masing untuk Pemenang II Rp 1,25 miliar, dan pemenang III Rp 1 miliar. Sementara itu, Harapan I menerima hadiah Rp 500 juta, dan Harapan II Rp 250 juta.

“Jadi dengan lima ini mudah-mudahan bisa menggaet kita untuk menuju yang terbaik,” tambahnya.

Dalam menetapkan pemenang sayembara melalui proses cukup panjang sejak pendaftaran dibuka pada 3 Oktober 2019 sampai 18 Oktober 2019. Setelah itu peserta mulai memasukkan karya per 18-29 November 2019.

Penjurian dimulai sejak 9 hingga 13 Desember 2019. Pemenang ditetapkan pada hari ini, 23 Desember 2019 dan diiringi pemberian hadiah secara simbolis. Sementara pemberian hadiah secara resmi pada 27 Desember 2019.

Simak Video “Pengumuman Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Baru 23 Desember
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)