Pemerintah Harus Prioritaskan Investasi agar Dapat Raih Target Pertumbuhan 6%

investasi(infomoneter)-Pemerintah harus memprioritaskan investasi dengan cara menuntaskan berbagai masalah yang menghambat investasi, sehingga pertumbuhan investasi pada akhirnya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo sebesar 6% pada 2018. Demikian diungkapkan Bambang Brodjonegoro, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

 “Jika perekonomian ingin tumbuh sekitar 6%, maka pertumbuhan investasi harus didorong sebesar 8 hingga 10%. Agar berjalan lancar, maka pemerintah harus menuntaskan masalah yang menghambat investasi. Selain itu, pemerintah juga harus mendorong pembangunan infrastruktur untuk menarik minat investor,” paparnya di Jakarta, Senin (7/11).
 
Disamping itu, demikian Bambang, pemerintah juga diminta untuk tetap menjaga stabilitas politik. Ini penting untuk meyakinkan investor asing agar mau menginvestasikan dana-dana nya di Indonesia.
 
Sementara itu, Firmanzah, Rektor Universitas Paramadina, berpendapat, target pertumbuhan ekonomi sebesar 6% pada 2018 sebaiknya dikaji ulang. Pasalnya, untuk mencapai pertumbuhan 6%, maka motor penggerak perekonomian harus diperbaiki secara keseluruhan.
 
Menurut Firmanzah, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 6%. Salah satunya adalah mengendalikan inflasi agar konsumsi masyarakat bisa terjaga. Kemudian, pemerintah harus memastikan implementasi paket kebijakan berjalan dengan baik hingga ke daerah. Di sisi lain, pengeluaran pemerintah juga harus meningkat tajam. (abr)

Infomoneter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *