Putin Bertekad Hukum Mereka yang Bertanggung Jawab atas Kebakaran di Mal Siberia

Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji akan secara keras menghukum mereka yang bertanggung jawab atas apa yang disebut kelalaian dalam kebakaran hari Minggu di sebuah mal Siberia yang menewaskan 64 orang, banyak di antara mereka anak-anak.

Presiden yang baru terpilih kembali itu hari Selasa (27/3) berjanji setelah terbang ke lokasi kebakaran di kota industri Kemerovo. Putin meletakkan karangan bunga di sebuah tempat peringatan bagi para korban sebelum memimpin sebuah pertemuan yang menyatakan hari hari berkabung nasional.

Baca juga: Kebakaran di Mal Siberia, 37 Tewas

Ribuan warga yang marah berkumpul di alun-alun kota itu, menuntut penyelidikan independen dan menuduh pihak berwenang berusaha menyembunyikan sesuatu terkait kebakaran maut itu.

Kebakaran melanda pusat perbelanjaan di kota Kemerovo, Siberia-Rusia, hari Minggu (25/3).

Kebakaran melanda pusat perbelanjaan di kota Kemerovo, Siberia-Rusia, hari Minggu (25/3).

Kebakaran itu terjadi pada akhir pekan pertama liburan sekolah, ketika mal itu penuh sesak dengan anak-anak dan orang tua mereka.

Para penyelidik mengatakan, pintu keluar darurat telah diblokir secara ilegal, sistem pengeras suara tidak dihidupkan, sistem alarm kebakaran rusak dan anak-anak terkunci di dalam beberapa bioskop di mal itu. [lt]