Raja Malaysia pun Ikut Potong Gaji demi Lunasi Hutang Negara

Sumber

AKURAT.CO, Raja Malaysia, Yang di-pertuan Agong XV Sultan Muhammad V, telah bersedia untuk memotong gajinya agar dapat membayar hutang negara. Hal ini sebagai bentuk respon Sultan Muhammad V terhadap donasi warga Malaysia dalam melunai kewajiban ini.

DIlansir dari Business Insider (14/4), Sultan Muhammad V mengatakan bahwa ia akan mengambil potongan 10% untuk gaji dan honorariumnya sampai akhir masa pemerintahannya pada tahun 2021 sebagai tanggapan atas curahan sumbangan dari warga Malaysia untuk membantu melunasi utang nasional negara.

Penguasa Kerajaan Royal Wan Ahmad Dahlan Ab Aziz mengatakan pada hari Selasa (12/6) bahwa sang raja “sangat tersentuh” ??oleh donasi warganya dan ingin “bergabung dengan orang-orang dalam melakukan tugasnya.”

baca juga:

Mahathir Segera Jelaskan Singapura Soal Proyek Kereta Cepat

Malaysia memiliki hutang nasional sekitar USD251 milyar atau bernilai 80 persen dari PDB Malaysia.

Sebagai tanggapan, kementerian keuangan membentuk Dana Harapan Malaysia  untuk menyediakan “platform yang sistematis dan transparan” untuk disumbangkan langsung ke rekening bank pemerintah.

Menteri keuangan juga berjanji mengumumkan penghitungan platform tersebut secara publik setiap hari. Pada 12 Juni, kurang dari dua minggu setelah peluncuran, Dana Harapan Malaysia telah menerima MYR61 juta (USD15,3 juta).

Bulan lalu, Perdana Menteri Mahathir Mohamad juga mengumumkan menteri kabinet telah setuju untuk mengambil pemotongan gaji 10%.[]