Rini Titip Super Holding BUMN ke Erick Thohir

Sumber

Jakarta – Rini Soemarno resmi menyerahkan jabatannya sebagai Menteri BUMN kepada Erick Thohir. Dalam pidato terakhirnya di Kementerian BUNN, Rini mengingatkan pekerjaan rumah kementerian kepada Erick.

Hal itu adalah untuk membentuk holding-holding BUMN. Targetnya Rini mengatakan Erick harus bisa meneruskan pembentukan holding per sektor hingga menjadi super holding.

“Kita masih ada pekerjaan rumah untuk diselesaikan dari Pak Presiden, yaitu minta holding karena sektornya BUMN ini sangat besar. Targetnya, per sektor ada holding company, diharapkan akan jadi super holding seperti Temasec,” kata Rini di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (23/10/2019).

Rini juga memamerkan holding yang telah terbentuk di beberapa sektor. Dia juga mengatakan sedang ada holding yang hampir terbentuk, bahkan sudah disetujui presiden. Holding itu berada dalam sektor farmasi alias obat-obatan.

“Sampai sekarang sudah ada holding kehutanan, perkebunan, migas, tambang, dan pupuk. Sebentar lagi yang sudah disetujui, tapi sahamnya belum masuk semua adalah holding farmasi, PP-nya sudah ditandatangani presiden,” kata Rini.

Rini juga menyampaikan ada tiga sektor yang sedang dibentuk holdingnya. Rini meminta Erick mempercepat pembentukannya.

“Lalu yang masih direview dan akan selesai adalah holding perumahan dan konstruksi. Itu belum di tandatangan presiden dan juga holding asuransi, tolong pak Erick dipercepat,” sebut Rini.

Selanjutnya, Rini menitipkan Erick satu hal, yaitu menjaga kebersamaan antar BUMN, khususnya koordinasi antar BUMN baik yang besar maupun yang kecil. Hal itu dilakukan agar tidak ada BUMN yang saling berkompetisi dan justru malah melemahkan.

“Saya juga titip kebersamaan harus dijaga harus sinergi, jangan saling kompetisi jadi lemahkan kita sendiri. Alhamdullilah sekarang koordinasi sudah bagus, BUMN yang besar mau lihat yang kecil, yang kecil mau datangi yang besar,” jelas Rini.

“Itu yang ke depannya saya titip agar BUMN bisa bersatu perbaiki dan tingkatkan kinerja,” lanjutnya.

Simak Video “Soal Super Holding BUMN, Rini: Nanti Bicara Dulu dengan Presiden
[Gambas:Video 20detik](dna/dna)