Sederet Persiapan yang Harus Dilakukan Jika RI Mau Lockdown

Sumber

Jakarta

Tagar #Indonesia_LockdownPlease sempat trending siang ini, Kamis (19/3/2020) di media sosial Twitter. Netizen makin khawatir dengan penyebaran pandemi virus corona, terlebih lagi hingga kini sudah ada 227 kasus positif corona.

Usulan melakukan isolasi wilayah alias lockdown memang menjadi perbincangan seiring dengan pandemi virus corona. Hal ini dinilai bisa menekan pencegahan virus corona.

Indonesia bisa saja melakukan lockdown, namun ada beberapa hal yang harus disiapkan. Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM) Muhammad Edhie Purnawan mengatakan paling utama, pemerintah harus memastikan pasokan kebutuhan dasar terpenuhi.

Apabila lockdown mau dilakukan selama dua minggu, maka kebutuhan pokok tidak boleh langka di pasar. Baik di pasar tradisional maupun pasar ritel modern.

“Pastikan kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi. Jadi misalnya, lockdown adalah dua minggu, maka pastikan kebutuhan dasar masyarakat selama dua minggu itu tersedia dan cukup dari hari ke hari tanpa ada kelangkaan di pasar, toko tradisional, toko modern, dan supermarket. Pemerintah harus segera bekerja sama dengan pengusaha secara maksimal,” kata Edhi saat dihubungi detikcom, Selasa (17/3/2020).

“Jangan asal lockdown tanpa persiapan yang cukup,” tegasnya.

Simak Video ” Berikut Negara-negara yang Lockdown Gegara Wabah Corona
[Gambas:Video 20detik]