Siang Ini, Menkeu Rombak Eselon II Direktorat Jenderal Pajak

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro berdasarkan masukan dari Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi akan merombak jajaran eselon II Direktur Jenderal Pajak (DJP) pada hari ini.

Sumber CNN Indonesia di internal DJP membocorkan rencana pelantikan sejumlah pejabat karir DJP, yang akan dihelat di Aula Gedung Juanda, kementerian Keuangan, Jakarta Pusat pada siang ini, Jumat (20/5) pukul 14.00 WIB.

Dalam pesan singkat undangan pelantikan yang diteruskan ke CNN Indonesia disebutkan beberapa pejabat eselon II yang akan dilantik pada siang ini:

  • Budi Santoso, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJP Jawa timur III
  • Arif Yanuar,  Kakanwil DJB Kalimantan Selatan dan Tengah
  • Mutamam,  Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Teknologi Informasi Perpajakan
  • Imam Arifin, Direktur Kepatuhan Internal & Transformasi Sumber Daya Aparatur
  • Irawan, Kakanwil DJP Jakarta Barat Sakli Anggoro; Direktur Peraturan Perpajakan I
  • Estu Budiarto, Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Pajak
  • Wahyu Karya Tumakaka, Kakanwil DJP Bali.

“Posisi (dari ketujuh pejabat tersebut) masih belum tahu,” ujar sumber tersebut.

Salah satu pejabat eselon II DJP yang sudah memastikan diri akan dirotasi adalah Direktur Penyuluhan, Pelayanan & Hubungan Masyarakat DJP, Mekar Satria Utama.

“Saya sudah diberi tahu akan dirotasi, tetapi belum tahu mau ditempatkan di mana,” ujar Satria kepada CNN Indonesia.

Menurutnya, ada beberapa posisi eselon II DJP yang akan dirombak. Namun, masih ada beberapa yang masih dipertahankan antara lain Sekretaris DJP Arfan, dan Direktur Teknologi Informasi Perpajakan Mutamam (Plt).

Ketika dikonfirmasi, Wahyu Karya Tumakaka mengaku belum mengetahui bahwa dirinya akan menjadi salah satu pejabat yang akan dilantik oleh Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro.

“Saya datang ke Jakarta karena seluruh pejabat eselon II Kemenkeu diundang untuk Rapim (rapat pimpinan). Memang ada kabar setelah rapim akan ada pelantikan pejabat eselon II,” katanya.

Karenanya, Wahyu belum mau berspekulasi mengenai jabatan barunya kelak. Namun jika boleh memilih, “saya prefer jadi Direktur P2 (Humas DJP).”

Menurutnya, ada dua direktorat baru di DJP yang harus segera diisi oleh pejabat setingkat eselon II. Kedua direktorat baru itu adalah Direktorat Perpajakan Internasional dan Direktorat Intelejen dan Penyidikan.

Selain itu, jelas Wahyu, ada tiga posisi Kakanwil yang akan segera kosong, yakni Kakanwil Jakarta Selatan I dan II, serta Kakanwil Kalimantan Barat, Pontianak.

“Kakanwil Jaksel I dan II kan saat ini dirangkap jabatan oleh Pak Bambang Trimulyanto dan beliau akan pensiun Juni. Jadi harus dicari penggantinya,” kata Wahyu.

(ags)

1 thought on “Siang Ini, Menkeu Rombak Eselon II Direktorat Jenderal Pajak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *