Sofyan Djalil, Pernah Gagal Jadi PNS Tapi Bolak-balik Jadi Menteri

Sumber

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk kembali Sofyan Djalil menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR). Sofyan sudah bolak-balik menjadi menteri.

Sofyan menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) periode 2004-2007. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu di 2007 – 2009.

Sofyan juga kembali menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi di Kabinet Kerja di tahun 2014- 2015. Setelah ramai resufle menteri kabinet kerja, Sofyan di tahun 2015 Sofyan kembali menduduki kursi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia atau Kepala Bapenas di tahun 2015-2016. Kemudian di tahun 2016 Sofyan Djalil ditugasi Jokowi untuk mensertifikatkan bidang tanah di seluruh Indonesia untuk mengepalai Kementerian ATR/ BPN. Kini, Sofyan menjabat Menteri ATR kembali.

Siapa sangka, di balik kesuksesannya sebagai menteri, dia pernah bercita-cita menjadi PNS namun tak pernah terwujud. Berikut profil Sofyan Djalil:

1. Guru Ngaji

Pria berumur 66 tahun ini pernah menjadi guru agama di Aceh. Bahkan dia saat itu dibayar Rp 50 per bulan. Dua tahun menjadi guru honorer yang mengajar agama di Aceh, ayah dari Muhammad Rumi Djalil, Shafitri Mutia Djalil, Muhammad Lutfi Djalil ini tidak juga diangkat menjadi PNS.

2. Kerja di Pabrik Karet

Karena tidak kunjung diangkat jadi PNS, Sofyan Djalil beralih profesi bekerja di pabrik karet selama dua tahun. Selama bekerja Sofyan tetap aktif mengikuti organisasi mahasiswa hingga akhirnya memutuskan untuk merantau ke Jakarta.