Ssst, Masih Ada Sayembara Lagi Lho buat Ibu Kota Baru

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa pemerintah berencana membuka sayembara desain gedung-gedung pemerintahan di ibu kota negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur. Hal itu menyusul sayembara desain IKN.

“Setelah ini pasti akan ada sayembara-sayembara gedung,” kata Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Gedung-gedung yang dimaksud meliputi istana negara hingga gedung institusi penegak hukum. Tujuan dari sayembara ini untuk mendapatkan desain gedung terbaik.

“Istana kayak apa, gedung DPR MPR kayak apa, Mahkamah Agung kayak apa, Kejaksaan Agung, itu pasti kita harus perlu kita sayembarakan sehingga dapat yang terbaik sesuai dengan kriteria yang kita sampaikan,” jelasnya.

Namun Basuki tak mau gedung-gedung pemerintahan di IKN seperti museum. Dirinya ingin konsep yang modern.

Dirinya menjelaskan, untuk bangunan bagian luar tidak apa mengusung tema tradisional. Namun bagian dalamnya tetap modern.

“Kalau gedung kita mungkin tradisional oke tapi dalamnya harus modern. Jadi semua sudah menunjukkan smart house ke depan walaupun soal luar mungkin etnik. Tapi dalamnya bukan museum, tapi rumah Indonesia ke depan,” tambahnya.

Simak Video “Wajah Ibu Kota Baru di Benak Jokowi
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)