Sudah 9,1 Juta Orang Sudah Lapor SPT Pajak

JAKARTA – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat sebanyak 9,1 juta Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi (OP) sudah melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak.

Data tersebut diambil pada Rabu (28/3/2018) sore. Jumlah tersebut masih terus mengalami peningkatan, mengingat tenggat masa pelaporan SPT pajak tahun 2017 untuk Orang Pribadi hingga 31 Maret 2018.

BERITA TERKAIT +

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Hestu Yoga Saksama mengaku optimistis, target jumlah penyampaian SPT tahun ini bisa tercapai. Adapun DJP menargetkan penyampaian SPT mencapai 14 juta WP atau 80% dari total WP yaitu 18 juta.

“Jadi kan SPT ini bukan hanya sampai Maret. Maret kan itu batas OP. Nanti akhir April kan batas badan. Setelah akhir April pun, tetap WP yang belum bisa menyampaikan SPT masih bisa menyampaikan SPT,” ujarnya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (29/3/2018) malam.

Baca Juga: Reformasi Pajak, Sri Mulyani Percepat Restitusi hingga Sederhanakan Pembebasan PPN

Hestu menambahkan, sejalan dengan penambahan jumlah pelaporan SPT, tingkat kepatuhan WP meningkat. “9,1 juta itu meningkat 18,5% dibandingkan hari yang sama tahun lalu,” ujarnya.

Menjelang batas pelaporan SPT, maka Hestu mengimbau untuk WP orang pribadi yang belum melaporkan SPT untuk segera melaporkan. Selain mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Hestu menyarankan WP untuk memanfaatkan fasilitas e-Filling.

Akan tetapi, menghindari adanya sistem yang sibuk, Hestu mengimbau agar WP mengisi e-Filling di sore hari dari jam 18.00 hingga pagi hari.

“Kalau manfaatkan e-Filling, upayakan efilling di malam hari. Di siang hari jam 9-12 itu sangat padat karena aktifitas di kantor kami, semua KPP yang efilling di jam jam itu,” tutup dia.

(mrt)