Target PAD Kabupaten Bogor Sudah Terpenuhi 60 Persen

Sumber

INILAH, Bogor – Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapppenda) Kabupaten Bogor optimis target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp2,36 triliun bisa terwujud di bulan Desember tahun 2018.

Kepala Bappenda Dedi Bachtiar mengatakan dari target PAD sebesar Rp2,36 triliun, jajarannya sudah meraih 60 persen. Ia optimis target akan tercapai di tahun ini.

“Kami optimis target PAD bisa tercapai di tahun ini karena baik dari sektor pajak maupun retribusi daerah tren pembayaran maupun wajib pajaknya mengalami peningkatan. Saat ini kita sudah meraih 60 persen dan hingga akhir bulan Desember kami akan kejar hingga angka 100 persen lebih,” kata Dedi Bachtiar kepada wartawan, Minggu (12/8)

Dia menerangkan tumbuhnya perumahan, usaha, hingga perhelatan olahraga seperti Asian Games dan Pekan Olahraga Darah (PORDA) juga ikut meningkatkan PAD di Bumi Tegar Beriman.

“Yang meningkat itu bukan hanya dari sektor pajak bumi bangunan saja. Tetapi juga dari pajak hotel, restoran, hiburan, retribusi parkir dan lain sebagainya. Mulai bulan Agustus ini Kabupaten Bogor akan dibanjiri warga negara asing yang ikut atau berpartisipasi dalam ajang Asian Games karena kita kebagian menjadi tuan rumah dua cabang olahraga yaitu sepakbola dan paralayang,” terangnya.

Dedi menjelaskan dari 10 Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT), diprediksi akan ada 3 kantor UPT yang akan mengalami kenaikan pajak atau rerribusi secara signifikan.

“Kalau UPT Bappenda Gunung Putri dan Ciawi itu rutin menyumbang hasil pajak dan retribusi di atas 15 persen dari total keseluruhan, untuk tahun ini saya harap UPT Bappenda Cibinong juga bisa meraih peningkatan karena ajang Asian Games dan PORDA berpusat di Cibinong,” jelas Dedi.