Wajib Pajak Patuh

ADARO AKUISISI SAHAM RIO TINTO DI TAMBANG AUSTRALIA RP 30,97 T (5-habis)

Wajib Pajak Patuh
Oleh Devie Kania | Kamis, 29 Maret 2018 | 12:48

Adaro Energy.Adaro Energy.

Boy Thohir menjelaskan lebih lanjut, Ditjen Pajak Kemenkeu juga telah mengukuhkan status wajib pajak (WP) patuh bagi anak perusahaan Adaro Energy, yakni PT Adaro Indonesia, untuk periode 1 Januari 2018 sampai 31 Desember 2019. Agar bisa ditetapkan sebagai WP patuh, perusahaan harus memenuhi serangkaian kriteria aturan yang ketat dalam pelaporan pajak serta kepatuhan terhadap kewajiban pembayaran pajak.

 

Kriteria lainnya adalah laporan keuangan dengan status wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk tiga tahun terakhir. WP juga tidak pernah dihukum karena tindakan pidana perpajakan dalam lima tahun terakhir.

 

“Sebagai WP patuh, Adaro Indonesia mendapatkan keistimewaan untuk menerima pengembalian pendahuluan kelebihan pajak, sebelum diselesaikannya pemeriksaan oleh kantor pajak,” kata dia.

 

Boy mengemukakan, Adaro Energy memiliki total aset US$ 6,81 miliar, meningkat 4% dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan aset lancar naik 24% menjadi US$ 1,97 miliar, terutama diakibatkan kenaikan saldo kas. Adapun aset nonlancar turun 2% menjadi US$ 4,83 miliar.

 

Boy Thohir juga memaparkan, sejalan dengan panduan belanja modal (capital expenditure/capex) yang ditetapkan pada kisaran US$ 200-250 juta, pada 2017 belanja modal Adaro Energy mencapai US$ 229 juta. Anggaran sebesar itu digunakan untuk pemeliharaan rutin, pembelian untuk penggantian alat berat, serta pengembangan aset batu bara metalurgi.

 

“Atas persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan pada 26 April 2017, Adaro Energy membagikan dividen tunai sebesar US$ 101,1 juta atau sekitar 30% dari laba bersih 2016. Pembayaran dividen ini termasuk dividen interim sebesar US$ 60,8 juta yang dibayarkan pada Januari 2017 dan dividen tunai final US$ 40,3 juta yang dibayarkan pada Mei 2017,” imbuhnya. (az/en)

Kirim Komentar Anda

Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!