Wow! Jay-Z hingga Serena Williams Guyur Modal ke Kopi Kenangan

Jakarta – Kopi Kenangan dapat suntikan modal dari beberapa investor ternama. Pendanaan ini merupakan tambahan modal dari pendanaan Series A yang didapat kedai kopi itu pada Juni lalu.

Tambahan pendanaan tersebut didapatkannya antara lain dari Arrive, salah satu perusahaan di bawah Roc Nation milik rapper Jay-Z, Serena Ventures milik atlet ternama Serena Williams, pebasket ternama Caris LeVert, serta CEO dan Pendiri Sweetgreen Jonathan Neman.

Sequoia India, yang memimpin pendanaan Series A senilai US$ 20 juta (Rp 280 miliar) pada Juni lalu, juga berpartisipasi dalam penggalangan pendanaan kali ini.

“Kami terinspirasi oleh keuletan, visi dan kemampuan Kopi Kenangan dalam menjalankan bisnis,” ujar salah satu Pendiri dan Presiden Arrive Neil Sirni dalam keterangan tertulis, Senin (23/12/2019).

“Hanya dalam dua tahun, mereka berhasil meluaskan jaringan mereka ke 18 kota, memiliki 200 gerai dan mempekerjakan 1.800 pegawai. Kami bangga dapat menjadi investor dan mitra Kopi Kenangan dalam upaya mereka memperkenalkan kopi khas Indonesia ke dunia,” tambahnya.

Didirikan pada 2017 oleh Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa, Kopi Kenangan berhasil mengisi kesenjangan antara kopi mahal yang disajikan peritel kopi internasional, yang tak terjangkau sebagian masyarakat Indonesia, dan kopi instan yang dijual oleh kedai-kedai di pinggir jalan.

Tahun lalu, Kopi Kenangan hanya mengelola 16 toko dan menyajikan beberapa ribu gelas kopi per hari. Sekarang, Kopi Kenangan telah memiliki lebih dari 200 gerai secara nasional dan menyajikan lebih dari tiga juta gelas kopi per bulan.

Secara rata-rata, perusahaan membuka lebih dari satu gerai per hari. Perusahaan yang telah mencatatkan keuntungan ini juga menorehkan pertumbuhan pendapatan sebanyak 20 kali lipat sejak menerima pendanaan seed round yang dipimpin Alpha JWC tahun lalu.

Kopi Kenangan berencana untuk menambah lebih dari seribu gerai dalam dua tahun ke depan dan berekspansi ke Asia Tenggara.

“Kami ingin membangun brand yang legendaris dan kami sangat senang dapat bekerja bersama para investor dan penasihat baru kami yang telah sukses membangun waralaba konsumen global di bidang olahraga, hiburan, makanan dan minuman, serta teknologi,” kata CEO dan Pendiri Kopi Kenangan Edward Tirtanata.