10 Makanan dan Minuman yang Menyehatkan Jantung Menurut Para Ahli

Penyebab dari penyakit jantung salah satunya adalah dari apa yang sudah kita konsumsi. Begitu penting menjaga keehatan jantung kita saat ini hingga nanti. Maka dari itu, untuk menjaga jantung Anda agar lebih sehat, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan, dan minuman berikut ini menurut para ahli.

  1. Jeruk

Pelatih fitness terkenal Joel Harper memfavoritkan jeruk. “Pektin pada jeruk membantu untuk menetralkan protein galektin-3 yang bisa merusak sel-sel jaringan pada jantung,” ujarnya.

  1. Biji Chia

Biji Chia adalah biji dari tanaman yang tumbuh di padang pasir, bernama Salvia Hispanica, dan biasa tumbuh di Mexico yang biasanya dipakai sebagai penambah energi (energy booster).Pakar nutrisi Joy Bauer menjelaskan, “Biji Chia mengandung omega 3 dan serat yang mengenyangkan (5 gr per sendok makan). Serat turut mengurangi kolesterol, cara kerjanya seperti magnet yang membawa kolesterol keluar dari tubuh Anda,”.

  1. Popcorn

Tidak disangka, cemilan saat nonton di bioskop ini ternyata juga sehat untuk jantung. “Popcorn penganan dari butiran jagung dan kaya akan polifenol: antioksidan tanaman yang mendukung kesehatan jantung”, papar ahli nutrisi Samantha Cassetty (M.S., R.D.).

  1. Madu

Menurut koki dan konsultan gizi Kirsten Helle, “Madu kadang disamakan dengan gula karena rasa manisnya. Padahal madu adalah pemanis alami dan menguntungkan kesehatan jantung. Beberapa studi menunjukkan, madu mampu mengurangi kadar kolesterol tubuh,”.

  1. Legum

Legum adalah biji yang berasal dari jenis kacang-kacangan. Pelatih fitness para selebriti Holywood Joel Harper menambahkan, “Legum baik untuk jantung Anda, karena mengandung asam lemak omega 3, serat larut dan kalsium,”.

  1. Telur

Telur terbaik adalah telur yang berasal dari ayam yang hidupnya bebas (free range). Pakar kesehatan holistik Ali Shapiro mengatakan, “Kuning tulis kaya vitamin K2 yang fungsinya seperti polisi lalu lintas yang mengarahkan kalsium ke tulang Anda dan tidak membuat dinding arteri Anda menjadi keras,”.

  1. Ikan Sarden

Pakar gizi Joy Bauer mengakui, ikan sarden merupakan salah satu makanan yang sering dianggap berjasa untuk kesehatan jantung. Tapi, “ikan sarden sangat kaya akan omega-3 yang tidak hanya mengurangi tingkat darah trigliserida yang bisa menyumbat arteri, tetapi juga bisa mengatasi radang,” tuturnya.

  1. Cokelat Hitam

Bagi penggemar cokelat tentu ini berita yang menggembirakan. “Coklat hitam atau coklat gelap mengandung flavonoid yang diketahui bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Perlu diingat untuk tidak menyantapnya secara berlebihan,” ucap Dr. Nancy Snyderma, pakar kesehatan.

  1. Alpukat

Pakar nutrisi Samantha Cassetty memaparkan, “Alpukat memang kaya akan lemak. Tetapi lemak tak jenuh tunggal pada alpukat bisa turut menurunkan tingkat kolesterol LDL yang tidak sehat,”.

  1. Kopi

Tidak, Anda tidak salah membacanya. “Kopi dua cangkir sehari telah terbukti mengurangi resiko penyakit jantung dan memperbaiki fungsi vascular,” ujar Dr. Samantha Brody, pendiri Portland’s Evergreen Health Center.

(RIO | Photo: isasehat.com)

Lifestyle Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *