Agar Anak Tidak Rewel Saat Mudik Naik Mobil

Menjelang Lebaran, banyak orang yang mudik ke kampung halamannya masing-masing dengan mengajak serta anak mereka. Beberapa orang memilih untuk naik pesawat, namun sebagian di antara memilih untuk bepergian dengan mobil jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh.

Namun saat membawa anak yang masih berusia balita, terkadang sang buah hati rewel karena tidak betah duduk di dalam mobil terlalu lama. Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan khawatir. Simak tips berikut ini agar anak tidak rewel saat bepergian seperti dilansir dari Raising Children:

1. Rest Area
Jika Anda mudik naik mobil, ada baiknya berhenti pada rest area atau tempat peristirahatan agar anak tidak bosan terus-terusan berada di dalam mobil. Berhentilah sekitar 30 menit hingga 1 jam dan carilah tempat pemberhentian yang menyediakan ruang main khusus anak seperti taman atau tempat bermain jika memungkinkan.

2. Ajak ke Toilet
Rest area juga bisa dimanfaatkan untuk mengajak anak ke toilet untuk sekadar mengganti pampers, mencuci tangan, atau berganti baju. Terkadang anak sulit diam jika dirinya ingin buang air atau bajunya kotor dan berkeringat. Jangan lupa bawa perlengkapan anak seperti baju ganti, sabun cair, tisu basah, atau hand sanitizer.

3. Bawa Mainan
Jika anak Anda belum genap berusia 12 bulan, sediakan tempat duduk bayi atau car seat yang dilengkapi dengan mainan atau musik pengiring. Sediakan juga mainan-mainan kecil yang bisa di bawa dan ikat mainan tersebut dengan pita ke car seat agar mainan tidak mudah jatuh dan gampang diambil kembali.

4. Ajak Bermain
Bila anak Anda berusia balita, bawakan buku bacaan dengan gambar-gambar menarik. Sediakan pula camilan kecil agar tidak merasa kelaparan di jalan. Ajaklah anak bermain dan berbicara dengan menunjuk hal-hal yang menarik perhatiannya.

5. Bermain Sambil Belajar
Selama perjalanan, ajaklah anak untuk menghitung hal-hal yang lewat di depannya. Misalnya jika Anda melewati jalan raya, ajaklah ia untuk menghitung jumlah jembatan yang dilewati atau jumlah mobil yang melintas. Main tebak-tebakkan juga bisa mengusir rasa bosan anak dan mengasah pola pikirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *