CANGGIH! WISP, Komputer Mungil yang Tak Butuh Baterai ataupun Colokan Listrik, Cukup Lewat Gelombang Radio

Era wireless saat ini memang menjadi tren teknologi yang ramai dikembangkan. Pengisian baterai secara wireless pun kini sudah hadir pada produk teknologi yang dijual di pasaran. Namun bagaimana jika sebuah komputer didesain dengan tanpa baterai dan memperoleh energinya melalui transmisi gelombang radio?

Perkenalkan, nama komputer tersebut adalah WISP yang merupakan kepanjangan dari Wireless Identification and Sensing Platform. Seperti yang telah disebutkan di atas, komputer ini tidak menggunakan baterai ataupun colokan listrik seperti halnya komputer ataupun laptop lain. Sebagai gantinya, kebutuhan energi dari komputer ini disuplai secara wireless.

 

Komputer WISP ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, hingga bisa dipegang hanya dengan dua jari. Dengan bentuknya yang mungil tersebut, tidak heran kalau komputer ini pun bisa disuplai dengan tenaga yang sangat kecil sehingga bisa ditransmisikan secara wireless. Dan sebagai alat transmisinya, komputer WISP ini pun hanya memakai transmitter RFID biasa.

Kemampuan komputer ini memang tidak bisa dibandingkan dengan smartphone ataupun komputer lain. Namun kemampuan komputer WISP ini bisa disandingkan dengan kemampuan yang dimiliki oleh perangkat wearable seperti Fitbit, bisa dipakai untuk menjalankan sensor ataupun mengirimkan data.

Keuntungan lainnya dari komputer mungil ini adalah bisa digunakan sebagai sarana komunikasi menggunakan sinyal radio yang bekerja mirip dengan kode Morse. Bahkan komputer mungil ini juga bisa diprogram secara wireless lho! Dengan kemampuan tersebut, komputer WISP ini pun bakal sangat berguna jika digunakan dalam kondisi darurat pada saat kondisi sumber tenaga sangat minim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *