Fungsi Senyum dan Tertawa Untuk Kesehatan

Senyum adalah ekspresi terbaik untuk menunjukkan saat Anda sedang berbahagia maupun sedang merasa senang. Anda juga mungkin sering mendengar pepatah yang mengatakan tersenyum dan tertawa adalah obat awet muda. Anda tidak akan berhenti tertawa karena Anda sudah tua, sebaliknya Anda menjadi tua saat Anda berhenti tertawa. Ungkapan ini tak sepenuhnya salah, sebab sebuah penelitian menunjukkan bahwa tersenyum memiliki segudang manfaat kesehatan.

Saat Anda tertawa maupun tersenyum, sejumlah perubahan terjadi di dalam tubuh. Neurotransmiter yang disebut endorfin dilepaskan ketika Anda tersenyum. Endorfin ini akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan menurunkan stres. Tak hanya itu, endorfin juga berguna sebagai pembunuh rasa sakit alami pada tubuh. Untuk penderita sakit kronis, tertawa dan tersenyum bisa sangat efektif mengurangi nyeri.

Tertawa adalah cara paling efektif untuk melepaskan emosi, terutama emosi yang mungkin selama ini Anda pendam. Anda akan menjadi sedikit lebih baik setelah tertawa dan hasilnya, kehidupan pun dapat dilihat dari perspektif yang lebih positif. Tersenyum dan tertawa juga memiliki implikasi sosial yang positif. Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati Anda, tapi juga orang-orang di sekitar Anda. Hal ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.

Tersenyum atau tertawa juga mampu mengurangi stres. Saat pelepasan hormon endorfin meningkat, hormon stres kartisol akan berkurang.  Kartisol akan lebih aktif ketika Anda merasa stres atau cemas, hal ini tentu saja menghilangkan perasaan yang menyenangkan. Dengan berkurangnya kartisol, Anda dapat mengurangi perasaan-perasaan negatif tersebut.

Tersenyum atau tertawa juga bisa dikatakan sebagai olahraga. Sebab tertawa akan memperluas volume paru-paru, meregangkan otot-otot di dalam tubuh dan merangsang homeostasis, yakni ketahanan atau mekanisme pengaturan lingkungan. Jadi, tertawa juga merupakan olah tubuh sederhana yang mampu mengisi penuh paru-paru dengan oksigen seperti saat kita sedang berolahraga.

Dan yang terpenting, tersenyum membuat Anda terlihat lebih menarik dan mudah didekati. Anda juga akan merasa mudah untuk berinteraksi dan terlihat lebih menyenangkan sehingga menarik orang untuk berada di sekitar Anda. Tak hanya itu, Anda pun akan terlihat memesona dan terlihat lebih percaya diri dalam mengatasi situasi saat Anda stres. Jadi, tak ada alasan untuk tidak tersenyum dan tertawa, bukan?

( 1health | Photo : huffingtonpost.ca )

 

Lifestyle Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *