Hal yang Perlu Diketahui Untuk Para Pendaki Baru

Menjadi penakluk keindahan di atas gunung adalah sebuah hal yang menarik yang tidak semua orang bisa lakukan.  Kegiatan mendaki gunung pun  semakin digemari oleh banyak orang sejak tiga tahun terakhir ini, terutama bagi anak muda yang ingin mencoba mendaki gunung  untuk melihat betapa indahnya alam ciptaan Tuhan dari ketinggian. Khusus untuk pemula yang akan melakukan pendakian untuk pertama kali, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai pendakian. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus dipersiapkan oleh para pendaki pemula :

  1. Persiapan Fisik dan Mental

Hal yang harus kalian tahu pada tahap awal adalah melihat kondisi fisik. Pastikan kalian tidak sedang sakit untuk memulai pendakian di tahap awal. Sudah  banyak korban di tahun terakhir  ini baik pendaki yang sakit atau pun meninggal ketika sudah  di atas gunung dikarenakan kondisi fisik yang tidak sama sekali fit pada saat awal mendaki.

  1. Cek Perlengkapan Alat Mendaki

 Hal yang selanjutnya adalah cek perlengkapan sebelum berangkat. Hal ini mencakup persiapan kelompok dan perlengkapan individu, baik itu  tenda, alat masak, serta matras  yang bisa dimasukkan dalam daftar perlengkapan kelompok. Perlengkapan pribadi tentu saja penting karena akan sangat menentukan kelancaran sebuah pendakian. Mohon dingat, janganlah pernah mengandalkan alat orang lain saat sedang mendaki. Alasannya sangatlah sederhana. Karena orang lain juga membutuhkan perlengkapan mereka sendiri.

  1. Persiapan Mencari Teman Mendaki

Setelah niat dan perlengkapan siap, saatnya kalian harus mencari teman untuk melakukan mendaki. Jangan pernah pergi mendaki sendirian karena setiap manusia pasti selalu butuh sesorang untuk bisa membantu diri kita. Jika kamu akan mendaki bersama teman yang juga sama-sama belum pernah mendaki, akan lebih baik jika kamu mencari teman lain yang sudah pernah mendaki gunung demi kenyamanan dan bisa mengetahui jalur yang dituju ketika bersama teman yang sudah biasa melakukan pendakian.

  1. Jangan Buang Sampah Sembarangan

 Jangan mengaku kamu pecinta alam kalau masih membuang sampah di gunung. Pecinta alam tak akan pernah merusakan alam dengan membuang sampah sembarangan. Padalah, selain bisa merusak pemandangan, sampah juga akan membuat lingkungan di gunung menjadi tercemar. Jadi, jangan cemari lingkungan di gunung dengan tidak membuat sampah di gunung. Bawa turun semua sampah yang kamu bawa naik. Siapkanlah kantong plastik untuk bisa menyimpan barang yang sudah kita pakai saat pendakian berlangsung.

(FSA| Photo: kompasiana.com)

Lifestyle Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *