Kalian Susah Tidur? Inilah Beberapa Tips untuk Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Manusia pada dasarnya menghabiskan waktu sepertiga dari masa hidupnya untuk tidur. Menurut para ahli, tidur terbaik untuk seseorang berkisar antara 6 sampai dengan 8 jam sehari.

Gejala insomnia biasanya diikuti dengan gangguan fungsional ketika terbangun. Insomnia bukannya penyakit susah tidur, melainkan hanyalah sebuah gangguan saja.

Inilah 6 tips menghilangkan insomnia agar bisa tidur lebih nyenyak.

  1. Hindari Cahaya Saat Tidur

Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya.

  1. Jangan Minum minuman beralkohol

Banyak yang menganggap alkohol dapat membuat tidur seseorang menjadi nyenyak. Iya benar alkohol dapat membuat kamu merasa ngantuk, akan tetapi tidak untuk tidur pulas semalaman. Bahkan kondisi insomnia kamu akan parah lagi dengan munculnya halusinasi yang tidak dapat membuat seseorang tidak nyenyak akibat alkohol.

  1. Jauhi Kafein setelah jam 14.00 siang

Kopi di pagi hari bagus untuk sebagian orang. Namun saat menjelang waktu tidur, Anda perlu menghindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga dalam mengonsumsi coklat, cola, teh ataupun kopi tanpa kafein sekalipun.

  1. Hindari tidur siang

Cobalah untuk tidak tidur siang sebisa mungkin. Tidur di siang hari membuat kita sulit untuk tidur di malam hari. Jika Anda benar-benar terpaksa, batasi tidur siang anda sekitar 20 menit saja.

  1. Atur jadwal tidur

Aturlah agar jadwal pergi dan bangun tidur Anda sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak Anda tetap pada siklus bangun dan pergi tidur yang sehat. Pada waktunya, Anda akan dapat jatuh tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.

  1. Olahraga teratur

Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama Anda melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Energo yang Anda dapatkan setelah olahraga dapat membuat Anda tetap terjaga. Beri jarak antara Anda selesai berolahraga dengan waktu tidur antara 3-4 jam.

(RAMA | Photo: pininclinic.com)

Lifestyle Indonesia

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *