Kesalahan yang Paling Banyak Dilakukan Orang Saat Mencuci Pakaian

Sebagian besar orang tidak tahu berapa banyak takaran memakai deterjen untuk mencuci baju, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris. Ketidaktahuan tersebut membuat tidak sedikit orang melakukan kesalahan saat mencuci baju yakni memasukkan deterjen terlalu banyak ke dalam mesin cuci.

Sekitar 33 persen orang yang disurvei tidak tahu ukuran penggunaan deterjen dan memakainya secara berlebihan. Banyak-banyak menggunakan deterjen, bukannya membuat cucian Anda lebih bersih tapi justru bisa merusak mesin cuci.

Deterjen yang terlalu banyak bisa menimbulkan penyumbatan pada saluran mesin cuci. Penyumbatan pada bagian dalam mesin cuci akan mengurangi daya pakai mesin cuci dan memerlukan perbaikan yang biayanya tidak sedikit.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki mesin cuci yang rusak? Menurut survei dari Glo Tech Repairs, sedikitnya 115 pound sterling atau sekitar Rp 2 jutaan. Biayanya cukup mahal karena penyumbatan akibat deterjen biasanya akan merusak mesin utama dari mesin cuci.

Masih berdasarkan survei, dari 2.000 orang yang mengisi polling, 35 persennya mengaku tidak mengikuti panduan yang tertulis dalam kemasan deterjen. Ada pula 40 persen orang yang mengisi air di drum mesin cuci terlalu banyak dari yang disarankan, sehingga mereka menambahkan lagi deterjen agar cucian bisa lebih bersih.

“Orang berpikir jika mereka memasukkan lebih banyak deterjen maka cucian mereka akan lebih bersih seluruhnya, tapi tidak ada bukti yang menunjukkan hal tersebut dan justru mesin cuci Anda yang rusak,” tutur Mark Reeves, perwakilan dari Glo Tech Repairs seperti dikutip dari Mirror.

Survei juga menemukan berbagai kebiasaan orang dalam mencuci pakaian. Sebanyak 49 persen responden menggunakan mesin cuci satu hingga tiga kali seminggu, tapi ada pula 14 persen yang menggunakannya setiap hari.

Wanita terhitung lebih sering menggunakan mesin cuci ketimbang pria. Ada 16 persen wanita yang memakai mesin cuci enam kali seminggu, sementara pria hanya memakainya satu atau tiga kali seminggu.

Saat membeli deterjen, 47 persen orang mengatakan membeli produk pembersih satu bulan sekali. Sedangkan 33 persen setiap tiga bulan sekali.

Soal perawatan mesin cuci, Mark mengimbau orang-orang, khususnya ibu rumah tangga untuk merawat mesin cuci agar bisa dipakai dalam jangka panjang. Mengingat harga mesin cuci terbilang mahal, sebaiknya jadikan mesin cuci sebagai investasi dalam perawatan rumah khususnya pakaian.

“Selalu ikuti panduan dari produsen khususnya berapa banyak pakaian yang Anda ingin cuci dan sesuaikan dengan jumlah deterjen yang digunakan. Dengan memerhatikan hal-hal sederhana ini bisa mencegah Anda keluar uang banyak untuk perbaikan mesin bahkan membuat daya pakai perabotan bertahan lebih lama,” pungkasnya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *