Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wanita

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae  yang berarti “sayuran yang direndam.”

Proses fermentasi sayuran pada kimchi pun ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kecantikan dan kesehatan. Karena manfaatnya yang nyata, proses fermentasi pun tidak hanya dikenal pada dunia makanan, namun juga dikenal pada dunia kecantikan di Korea. Seperti misalnya Secret Key, produk kecantikan paling terkenal dari Korea. Secret Key, menggunakan bahan utama dari hasil fermentasi ragi.

Nah, berikut ini adalah manfaat untuk kecantikan dan kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi kimchi:

  1. Membuat Rambut dan Kulit Menjadi Lebih indah

Kimchi mengandung selenium atau bagian dari glutathione, yakni bahan yang mampu menyusun vitamin C dalam tubuh sekaligus mempertahankannya di dalam tubuh. Dengan kata lain, kimchi mampu mengefektifkan fungsi vitamin C di dalam tubuh kita. Jika kamu mengonsumsi kimchi dengan rutin layaknya orang Korea, maka kamu pun bisa mendapatkan kulit yang berseri sekaligus rambut yang berkilau.

  1. Memperlambat Proses Penuaan Kulit

Proses fermentasi kimchi yang dilakukan selama dua minggu membuat kimchi kaya akan antioksidan. Antioksidan ini lah yang membuat kulitmu awet muda dan terhindar kerutan. Selain itu, antioksidan yang tinggi pada kimchi juga membantu mencegah oksidasi sel kulit sehingga kulitmu bisa tetap tampak rileks dan segar meskipun kamu sedang stress.

  1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Kimchi mengandung capsaicin yang bisa mem-boost metabolisme di dalam tubuhmu dan memanfaatkan sisa-sisa energi yang dihasilkan dari karbohidrat yang kamu konsumsi. Sehingga, kimchi bisa membantu kamu mengurangi berat tubuh dengan memaksimalkan fungsi karbohidrat tanpa mengonsumsi makanan secara berlebihan.

  1. Membantu Menjernihkan Penglihatan

Nah, kalau manfaat yang satu ini cocok banget buat kamu yang memiliki masalah dengan pengelihatanmu. Selain vitamin C, kimchi juga mengandung vitamin A yang tinggi. Dalam setiap 100 gram porsi kimchi mengandung 18% kebutuhan vitamin A harianmu. Maka dari itu, jika kamu mengonsumsi kimchi secara rutin, kamu bisa mendapatkan pengelihatan yang jernih dan sehat.

(RAMA | Photo: blog.tripvisto.com)

Lifestyle Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *