Mengenal 7 Jenis Cabai Terpedas di Dunia

Kalau di Indonesia, kita mengenal “Cabe Rawit” sebagai Cabe paling pedas, dimana rasa pedasnya sangat menyengat lidah, walaupun ukurannya sangat kecil jika dibanding dengan jenis Cabe lainnya di Indonesia.

Rasa pedas Cabe ini ditimbulkan oleh zat kapsaisin yang terkandung dalam Cabe tersebut, dimana setiap jenis Cabe di dunia ini memiliki tingkatan kadar kapsaisin berbeda-beda yang diukur berdasarkan SHU (Scoville Heat Unit).

Ternyata di dunia cabai bukan hanya cabai merah, rawit, dan ijo saja. Tetapi masih banyak cabai-cabai lain yang memiliki tingkat kepedasan luar biasa. Bahkan ketika kamu memakannya, bisa-bisa kamu akan dirawat setelah makan cabai tersebut.

  1. Carolina Reaper – 2,200,000 SHU

Untuk saat ini pemegang rekor Cabe terpedas di dunia dipegang oleh jenis Cabe Carolina Reaper dengan kadar kapsaisin bisa mencapai 2.200.000 SHU. Jenis Cabe ini dikembangbiakan oleh Ed Currie yaitu pemilik PuckerButt Pepper Company. Bagaimana bisa Cabe yang sudah masuk ke dalam buku rekor “Guinness World Records” ini bisa begitu pedas, ternyata, jenis Cabe ini merupakan hasil dari persilangan antara Red Habanero dengan Bhut Jolokia (Ghost Pepper).

  1. Trinidad Moruga Scorpion – 200.000 – 2.200.000 SHU

Cabai ini berasal dari kawasan Moruga di Trinidad dan Tobago. Cabai ini pernah menjadi cabai terpedas, sebelum digantikan oleh Carolina Reaper. Cabai ini berwarna merah dengan bentuk agak bulat dan memiliki rasa kombinasi antara manis dan pedas. Jika dimakan awalnya tidak langsung terasa pedas sekali, namun rasa pedas dan panasnya terus meningkat dan meningkat. Tanamannya dapat tumbuh dengan baik di sebagian besar belahan dunia.

  1. 7 Pot Douglah – 853.936 SHU

Cabe terpedas ketiga di dunia yaitu Cabe 7 Pot Douglah atau terkadang juga disebut Cabe Chocolate 7 Pot karena warna karakteristiknya Cokelat agak gelap atau bisa juga berwarna ungu gelap dengan permukaan kulit nampak kasar. Keunikan jenis Cabe ini yaitu apabila dibelah, maka ada cairan ekstrak kapsaisin yang akan keluar dari dalam Cabe ini. Cairan inilah yang membuat Cabe ini memiliki tingkat kepedasan sekitar 1.853.936 SHU.

  1. 7 Pot Primo – 469.000 SHU

Sepertinya Cabe dari jenis “7 Pot” memang jenis Cabe terpedas di dunia, dimana beberapa variannya masuk list Cabe terpedas di dunia, salah satunya yaitu 7 Pot Primo dengan kadar kapsaisin sekitar 1.469.000 SHU.

  1. Naga Viper – 1.382.118 SHU

Apa jadinya jika jenis Cabe yang terkenal tingkat kepedasannya yang tinggi di kawinsilang kan dengan jenis Cabe lainnya yang juga memiliki kadar kepedasan yang tinggi juga. Itulah yang terjadi pada jenis Cabe Naga Viper, dimana jenis Cabe ini merupakan hasil kawin silang antara Cabe Naga Morich, Bhut Jolokia, dan Trinidad Scorpion hingga menghasilkan kadar kapsaisin sekitar 1.382.118 SHU.

  1. Bhut Jolokia (Ghost Pepper) – 041.427 SHU

Dulu banyak orang beranggapan bahwa Cabe Bhut Jolokia atau Ghost Pepper adalah Cabe terpedas di dunia, walaupun pada kenyataannya jenis Cabe ini bukanlah yang terpedas. Hal ini terjadi karena banyak media yang menyebutnya demikian. Walaupun begitu, Cabe ini adalah jenis Cabe pertama yang mempunyai kadar kapsaisin di atas 1 juta SHU. Walaupun bukan Cabe terpedas di dunia, tapi jangan main-main dengan jenis Cabe ini, dengan kadar kepedasan lebih dari 1 juta SHU, pasti membuat lidahmu panas.

  1. 7 Pot Red Giant

Cabe terpedas di dunia selanjutnya yaitu 7 Pot Red Giant dengan kadar kapsaisin sekitar 1.000.000 SHU, dimana jenis Cabe ini adalah varian asli dari semua jenis Cabe 7 Pot. Cuma yang membedakan dengan varian lainnya yaitu ukurannya lebih besar.

(RAMA | Photo: ukchilliseeds.co.uk)

Lifestyle Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *