Do’a semangat dalam Mars DJP

Tiba-tiba saja teringat trainer motivasi saya Pak Tubagus dengan “teori” perulangan katanya. Kata yang senantiasa diulang kadang sering menjadi kenyataan. Seorang artis yang terkenal dengan lagu sendu dan sedihnya beberapa berakhir cinta dan keluarganya. Entah artis era lama maupun era baru sepertinya semua berujung pada cerita sesuai isi lagunya.

Selaku penggemar salah satu lagu dangdut lama dengan judul penantian, tanpa sadar pilihan lagu saya ujung-ujungnya sering memilih lagu yang bersangkutan. Tanpa sadar ketika membaca buku masih perlukah berkata bijak dari kang Arief Risman saya langsung tersenyum. Sekian tahun belum pernah berkumpul dengan keluarga jangan-jangan karena pilihan lagu favorit saya. Hemm

Timbul niat untuk merubah kebiasaan memilih lagu saya agar cenderung pada lagu-lagu yang penuh semangat, bergairah, energik. Barangkali itu bisa menjadi do’a saya. Setiap kata katanya adalah doa. Jadi berhati-hatilah dengan pilihan kata yang sadar tidak sadar keluar dari mulut kita.

Beberapa bulan lalu DJP mulai menggiatkan pegawainya agar dalam setiap kegiatan internal menyanyikan lagu mars yang penuh semangat, penuh pernyataan cita-cita. Saya sering bertanya untuk apa semua itu dilakukan. Setelah membaca buku di atas saya seperti tersadarkan. Jangan-jangan itulah tujuan utama dari dibuatnya Mars DJP.

Mulai saat ini dalam setiap kegiatan apapun DJP entah internal atau eksternal lagu itu layak terus dinyanyikan semua pegawai DJP. Seandainya lagu bersemangat itu terus dinyanyikan dengan penghayatan dan penjiwaan oleh seluruh elemen pegawai barangkali kata-kata yang terucap akan menjiwai cara kerja seluruh pegawai.

Yakinlah suatu saat institusi akan besar sebagaimana semangat lagunya. Satu langkah kecil telah dicoba. Mari bernyanyi dengan penuh semangat karena itu bisa menunjukan semangat atau tidaknya kita bekerja.

Tasikmalaya
AHE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *