Berkunjung ke Sekolah Otomotif Akademi Komunitas Toyota Indonesia

Akademi Komunitas Toyota Indonesia (AKTI ) adalah sekolah otomotif milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMIN). AKTI memiliki fokus pada pendidikan manufaktur otomotif di Indonesia. Saat ini, AKTI memang baru membuka Diploma 1 (D1) jurusan Teknik Pemeliharaan Mesin Otomasi.

Saat ini sistem penerimaan siswa AKTI masih tertutup. Jadi, AKTI melakukan seleksi kepada siswa-siswi SMK berprestasi di seluruh Indonesia, untuk menjadi calon peserta didik mereka. Pada angkatan pertama dan kedua, AKTI hanya menerima 32 siswa. “Kami kirim surat undangan kepada SMK berprestasi di seluruh Indonesia, agar mengirimkan 10 perwakilan siswa terbaiknya untuk kami seleksi. Untuk mendapatkan 32 calon siswa, kami melakukan seleksi dari 500-an kandidat,” ujar Afien Wibhawa, Direktur AKTI.

Para peserta didik AKTI akan mendapatkan beragam materi pembelajaran. Seperti komponen kelistrikan dan hidrolik peralatan manufaktur. Saat kami lihat langsung, suasana belajar kelas terasa sangat kondusif. Tiap kelas atau yang biasa disebut dojo dalam bahasa Jepang, hanya diisi 8 siswa.

AKTI menggunakan sistem boarding school. Jadi, tersedia asrama untuk menampung para siswa. Sepintas kami ingat akan model pendidikan yang diterapkan oleh Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Contohnya saat waktu makan siang. Seluruh siswa berkumpul dalam satu ruang makan dan diberi 15 menit untuk menghabiskan makanan mereka.

“Kami memang ingin para siswa disiplin dan punya rasa tanggung jawab. Contohnya mereka juga merawat sarana dan prasarana AKTI . Hal itu penting, agar sesuai dengan budaya dan etos kerja yang dibutuhkan industri,” jelas Afien.

Akademi Komunitas Toyota Indonesia
Akademi Komunitas Toyota Indonesia

Fasilitas yang ditawarkan AKTI juga terbilang lengkap dan modern. Setiap dojo dilengkapi berbagai simulator mesin-mesin industri yang dimiliki oleh PT TMIN. Tersedia juga sports center, sebagai sarana siswa melepas kejenuhan. Bagi siswa yang sakit, tersedia pula klinik pengobatan.

Seluruh siswa AKTI dibebaskan dari biaya apapun terkait pendidikan dan akomodasi. Bahkan para siswa juga diberikan uang saku oleh AKTI. Setelah mereka merampungkan studi dan dinyatakan lulus, para siswa akan mendapatkan ijazah, sertifikat dan piagam penghargaan.

Para lulusan AKTI akan disalurkan ke PT TMMIN untuk menempati posisi perawatan mesin produksi. Tapi hal itu bukan berarti jaminan bisa jadi karyawan  tetap PT TMIN. Afien menjelaskan, akan ada program probation selama 3 bulan bagi para lulusan AKTI. Hanya yang lulus program tersebut saja, yang berhak melanjutkan kerja di PT TMIN.

 

 

365/50-55(19Apl-2Mei2017)

Autobild : Situs Berita Otomotif Dan Tes Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:30 Stack trace: #0 /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(648): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home2/corongid...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/corongid/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 30