Daftar Engine Degreaser Jempolan untuk Mobil Anda

Update: 21 Desember 2019

Lokasinya memang berada di balik kap mesin, tetapi bukan berarti kondisi kebersihan ruang mesin terabaikan. Perawatan pada bagian ini tetap penting. Sisa pelumas maupun debu dan kotoran jika terlalu lama dibiarkan akan makin sulit untuk dihilangkan. Selain itu karat juga bisa timbul.

Di sini Anda dapat memanfaatkan engine degreaser sebagai pembersih. Beragam produk tersedia di pasar. Mulai dari yang berbentuk kaleng siap semprot, hingga berbentuk konsentrat sehingga perlu campuran air dalam aplikasinya.

Kami menguji 5 produk engine degreaser yang beredar di pasar dengan berbagai bentuk dan kemampuan merontokkan kotoran, serta kepraktisan yang berbeda. Manakah yang terbaik?

Proxima Engine Degreaser

Rating : 4 bintang [RECOMMENDED]
Harga : Rp 45.000
Ukuran : 443 ml
Di mana mendapatkannya : Graha Sakti, ITC Fatmawati, Jalan Raya Fatmawati, Cipete Utara, Kebayoran Baru. Jakarta Selatan

Bentuk kemasannya yang paling berbeda di sini karena satu-satunya yang berbentuk kaleng. Tersedia tambahan seperti slang kaku kecil yang berfungsi mengarahkan semprotan ke bagian terkecil. Cukup bermanfaat di sini.

Kemampuannya merontokkan kotoran terbilang baik. Semprotan busanya langsung bereaksi merontokkan kotoran maupun sisa oli. Kontestan dengan harga paling terjangkau, tetapi ukurannya juga yang paling sedikit.


Astonish Car Care

Rating : 2 bintang
Harga : Rp 75.000,-
Ukuran : 750ml
Dimana mendapatkannya : Ace Hardware Gandaria City, Jakarta Selatan

Kualitas buatan di botol maupun triggernya menjadi yang superior dalam pengetesan ini. Sayangnya tidak diimbangi dengan kemampuannya dalam membersihkan sisa oli maupun kerak di bagian mesin. Performanya tergolong buruk. Butuh aplikasi berkali-kali untuk membersihkannya.

Harga yang murah menjadi keunggulannya. Ditambah lagi jumlah cairan yang cukup banyak menjadikannya ekonomis untuk perawatan yang dilakukan sendiri.


Chemical Guys Grime Reaper

Rating : 5 bintang
Harga : Harga : Rp 226.000
Ukuran : 473 ml
Di mana mendapatkannya : Protera Protection, Jl. Panjang No.48, Kedoya Selatan, Kb. Jeruk. Jakarta Barat.

Kemasannya berimbang dengan beberapa produk lainnya, tetapi produk ini berbentuk konsentrat. Sehingga untuk aplikasi harus mencampurkan air dengan perbandingan 1:5 atau bisa lebih sedikit air tergantung kondisi kotoran. Saat membeli, Anda akan mendapatkannya sprayer yang terpisah.

Poin kepraktisannya memang buruk, karena selain harus mencampurkan ulang, Anda juga harus membeli botol sprayer tambahan sebagai wadah pencampuran. Di balik itu semua, performanya sangat luar biasa. Hanya dengan sekali semprot, cairannya langsung bereaksi cepat membersihkan kotoran. Meski jadi yang termahal, ia sekaligus jadi yang paling ekonomis karena berupa cairan konsentrat.


Slick Cleaner

Engine Degreaser

Rating : 3 bintang
Harga : Rp 160.000
Ukuran : 946 ml
Di mana mendapatkannya : Ace Hardware Gandaria City, Jakarta Selatan

Ukuran kemasannya menjadi yang terbesar dalam pengetesan ini. Sayang bobotnya yang cukup berat, agak kurang nyaman dalam pemakaian. Mengenai fitur, nozzlenya bisa diatur dua macam jenis semprot, yakni menyebar dan lurus untuk menjangkau celah di bodi mesin.

Mengenai kemampuannya, terbilang cukup baik dalam merontokkan kotoran di beberapa bagian bodi mesin. Harganya terbilang tidak terlalu mahal mengingat ukurannya jadi yang terbesar.


Meguiars Engine Cleaner

Engine Degreaser

Rating : 3 bintang
Harga :Harga : Rp 220.000
Ukuran : 473 ml
Di mana mendapatkannya : ACE Hardware Gandaria City, Jakarta Selatan

Ukurannya yang ringkas dan bentuk botol plastik yang nyaman digenggam menjadi salah satu kelebihan produk ini. Nozzle spray-nya bisa diputar untuk menutup jalur keluar, gunanya untuk mencegah cairan tersemprot dengan tidak sengaja.

Produknya bisa langsung digunakan tanpa perlu mencampur air. Kemampuannya cukup baik dan aman untuk membersihkan bagian mesin yang terbuat dari karet maupun plastik. Tetapi untuk merontokkan kerak yang melekat pada blok mesin, perlu aplikasi berulang. Harganya terbilang cukup mahal untuk ukurannya.


How We Tested

Hal yang pertama kami nilai adalah bentuk kemasan untuk menilai kepraktisan dalam penggunaan. Karena metode aplikasi beberapa produk sedikit berbeda.

Selanjutnya, yang kami tes yakni performa dalam membersihkan kotoran dengan sekali semprot, lalu semprot berulang. Yang tidak kalah penting, yakni harga berbanding dengan kemampuannya. Karena fakor ekonomis patut diperhitungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *