Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan Ratusan Mobil di Jakpus Ikuti Uji Emisi

Lampu Hijau, Jakarta Pusat

Kantor Pengelola Lingkungan Hidup Jakarta Pusat melakukan pemeriksaan uji emisi di Jalan Asia Afrika, Kelurahan Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (17/5). Hasilnya, sebanyak 663 kendaraan roda empat yang melintas dipaksa mengikuti uji emisi oleh petugas.

Kepala PLH Jakarta Pusat Rahmat Bayangkara mengatakan, pelaksanaan ini rutin dilaksanakan dan nantinya hasil dari uji emisi ini akan dijadikan data pembanding tahun depan. Data juga akan dikirim ke Kementerian Lingkungauji emisi kendaraann Hidup Republik Indonesia.

“Target kami hari ini 800 kendaraan. Karena hujan, jadi hanya 663 kendaraan dan semuanya bagus. Pemeriksaan ini tidak dipungut biaya sama sekali. Masyrakat juga tidak perlu khawatir, jika mobil mereka tidak lulus uji emisi tidak akan dikenakan sangsi,” kata Rahmat di pintu 1 SUGBK Senayan, Jakarta Pusat.

Sedangkan untuk menghitung kecepatan (traffic counting), kerapatan kendaraan dan pemantauan kualitas udara serta kualitas udara di Jalan Medan Merdeka Barat, akan dilakukan selama 24 jam. “Jadi alatnya ditinggalkan setelah 24 jam baru ganti lokasi,” ujarnya.

Kegiatan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) sesuai dengan kesepakatan Kementrian LH RI. “Jika ingin merubah, harus sesuai kesepakatan dan dikeluarkan diberita acara. Jadi untuk lokasi yang diuji ini harus sesuai dengan kesepakatan,” katanya. (RKY)

www.lamjo.com, KRIMINAL, , POLHUKAM,METROPLUS, WARTA JABAR, PEMILU, KOMUNITAS,JENDELA BISNIS,SALAM OLAH RAGA » OTOMOTIF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *