Kenali Penyebabnya Bocor Air di Kabin

Potensi mobil mengalami kebocoran di kabin sering terjadi tidak hanya di mobil-mobil yang sudah berumur, melainkan bisa terjadi pada mobil di bawah usia lima tahun.

Apalagi mobil sering dijemur di bawah terik matahari, atau sering menerjang banjir yang bisa berpotensi karat dan menimbulkan lubang.

Sebenarnya tindakan ini biasa dilakukan oleh mekanik profesional. Tentu karena tingkat kesulitan yang menuntut adanya skill terlatih dan berpengalaman. Namun, Anda sebagai pemilik mobil layak mengetahui sumber masalahnya agar terbayang penyebab dan solusinya.

Ada berbagai macam penyebab air masuk ke kabin.

Bocor dari karet kaca depan

Biasanya hal ini terjadi lantaran pernah bongkar pasang kaca depan, atau bisa juga karena karat yang terjadi di pinggiran karet kaca.

Untuk menguji kebocoran, perlu dilakukan penyiraman dengan air deras untuk menemukan titik kebocoran. Setelah penyebabnya berhasil ditemukan, biasanya harus bongkar kaca lalu memperbaiki kerusakan.

Bocor dari karet pintu

Penyebab yang sering terjadi karena karet pintu sudah getas, sehingga menyisakan ruang di sekitarnya yang membuat air bisa merembes ke dalam.

Tidak hanya itu, perbaikan yang pernah dilakukan terhadap pintu juga bisa menjadi penyebab, akibat kurang presisi dalam pemasangan. Untuk hal ini, Anda harus membawanya ke bengkel spesialis bodi agar dilakukan penyetelan di bagian engsel.

Jika memang disebabkan oleh karet yang getas, maka Anda harus menggantinya di keseluruhan pintu. Karena biasanya getas terjadi karena usia pakai.

Bocor Air Di Kabin
Bocor Air Di Kabin
   

Bocor dari lantai

Umumnya terjadi jika sering melewati genangan air, sehingga terjadi karat di bagian bawah. Karat yang terjadi harus segera diperbaiki agar tidak semakin meluas yang membuat kebocoran bertambah parah. Setelah karat diperbaiki, sebagai langkah preventif, ada baiknya menambahkan anti karat, terutama jika Anda tinggal di pemukiman yang sering terjadi banjir.

Bocor dari sunroof

Di negara kita, sunroof jarang dibuka sehingga terjadi potensi kotoran yang mengendap hingga menjadi kerak di pinggiran karet sunroof. Jalur air yang tertutup ini berpotensi menjadi genangan air. Kalau sudah begini, bahkan pada beberapa kasus, bisa timbul karat. Solusinya adalah dengan membongkar sunroof kemudian memotong bagian bodi yang telah dihinggapi karat, lalu mereparasinya.

 

 

369/72-73(14-27Jun2017)

Autobild : Situs Berita Otomotif Dan Tes Mobil

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *