Kupas Tuntas Sekolah Otomotif Politeknik Manufaktur Astra

Politeknik Manufaktur (Polman) Astra adalah lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI), yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International, Tbk. Polman Astra, punya tujuh program studi Diploma-3 (D3), yaitu: Mechanical Engineering & Tools Manufacturing, Manufacturing Process & Production Engineering, Mechatronics, Plantation Crops Process Engineering, Informatics Management, Automotive Engineering, dan Heavy Equipment Engineering.

Dari sekian banyak program studi yang tersedia, kami sangat tertarik untuk fokus membahas Program Studi Automotive Engineering. Program studi ini memberikan kompetensi bidang otomotif yang dikombinasikan dengan manajemen otomotif, untuk memenuhi kebutuhan ahli madya di bidang perbaikan dan pemeliharaan kendaraan.

Para lulusan program studi ini, diharapkan memiliki kompetensi di bidang otomotif meliputi: mesin, transmisi, elektrikal dan bodi. Tak hanya itu, lulusan juga diharapkan mahir dalam mengelola bengkel dan inventori spare parts, serta perekrutan sumber daya manusia. Potensi pekerjaan bagi para lulusan program studi ini adalah: Service Advisor, Supervisor, Instruktur Servis, Sales Engineer, Surveyor, Estimator, Koordinator Bagian, serta mampu bekerja di industri manufaktur otomotif.

Untuk menunjang keberhasilan siswa, Polman Astra punya fasilitas laboratorium cukup lengkap. Contohnya ada laboratorium mesin, autotronic, kelistrikan otomotif, transmisi dan sasis. Selain itu, ada pula ruang simulasi bengkel. Selain itu, tersedia juga alat dynamometer dan breaking test di workshop mereka. Polman Astra menerapkan sistem 1 siswa 1 mesin pada setiap laboratorium mereka. Oleh karena itu, Polman Astra hanya menerima sekitar 180 siswa per angkatan.

Polman Astra sudah mendapatkan akreditasi B, dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Sama halnya dengan lembaga pendidikan setara D3 lainnya, para siswa akan lebih banyak menerima praktik. Untuk biaya, Polman Astra mematok tarif Rp 15 juta per tahun sudah termasuk biaya pokok semester, uang Sistem Kredit Semester dan uang praktik. Selain itu, setiap peserta didik juga dikenakan uang pangkal sebesar Rp 12 juta.

Politeknik Manufaktur Astra
Politeknik Manufaktur Astra

Bagi calon peserta didik berprestasi, tapi mengalami kendala dalam hal biaya, Polman Astra juga memberikan program beasiswa. Syaratnya adalah harus warga negara Indonesia, lulusan SMK /SMA , sehat jasmani dan rohani, serta nilai minimal untuk pelajaran matematika, fisika dan bahasa Inggris adalah 80 atau B+ selama semester 1-4.

“Beasiswa ini bertujuan untuk membantu para generasi muda Indonesia berprestasi, supaya bisa lebih mengembangkan dan bisa menciptakan suatu hal yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia,” ungkap Tony Pongoh, Deputy Director Polman Astra.

Tony menambahkan, bahwa setiap tahun jumlah pendaftar regular ataupun pendaftar beasiswa mencapai 3 ribuan, tapi yang diterima hanya 180-an siswa. “Seleksi kami memang sangat ketat. Hal ini bertujuan agar semua lulusan Polman Astra nantinya bisa memberikan kontribusi untuk bangsa Indonesia khususnya di bidang manufaktur,” ujar Tony.

Polman Astra tentunya sudah mempersiapkan lapangan pekerjaan bagi para siswanya setelah lulus. Hampir 45% lulusan Polman bekerja di Astra International Group. Selain itu, Polman Astra juga menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan swasta maupun perusahaan asing untuk penyaluran tenaga kerja.

 

 

365/50-55(19Apl-2Mei2017)

Autobild : Situs Berita Otomotif Dan Tes Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *