Memahami dan Menikmati Reksa Dana (1)

Pahami dan Nikmati adalah tagline pada logo Reksa dana, tagline ini mengajak masyarakat agar memahami reksa dana sebelum memutuskan berinvestasi, masyarakat juga diajak untuk berperan aktif dalam perencanaan keuangan mereka dan pengawasan terhadap reksadana yang mereka miliki. Semua ini bertujuan agar masyarakat dapat menikmati hasilnya.

Kata Pahami sendiri dapat diartikan bahwa investor harus mengerti terlebih dahulu produk reksa dana, jenis-jenisnya, potensi keuntungan (imbal hasil) dan potensi kerugian produk reksa dana. Dengan demikian, investor dapat dengan mudah menyusun strategi pemilihan reksa dana untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangan mereka.

Sebelum kita membuat keputusan investasi apapun, sebaiknya calon investor mengerti bahwa dalam investasi ada istilah “High Risk – High Return, Low Risk – Low Return”. Artinya dalam tiap investasi yang menjanjikan imbal hasil tinggi selalu terkandung risiko yang tinggi, sebaliknya jika risiko investasi rendah akan menghasilkan imbal hasil investasi yang juga rendah. Untuk menyiasati hal ini, kita perlu memahami produk investasi apa yang akan kita beli. Sehingga kita dapat mengkombinasikannya dalam alokasi yang tepat sesuai jenis Reksa dananya untuk memaksimalkan keuntungan sekaligus meminimalkan kerugiannya.
Tahap pertama yang dapat dilakukan oleh anda sebagai calon investor Reksa dana adalah: Kenali dulu profil risiko anda. Ada tiga jenis utama profil risiko investor. Ketiganya dapat dikaitkan dengan usia, penghasilan, kebutuhan keuangan dan pengetahuan mengenai instrumen investasi :

Profil Risiko Ciri-ciri Produk Siapa

Konservatif

Tidak mau dananya berkurang, menginginkan investasi stabil, tujuan investasi jangka pendek, prioritas utama adalah pendapatan dan kemudahan mencairkan kembali dana investasinya. Produk investasi yang sesuai untuk anda adalah produk kas dan Reksa dana pasar uang Umumnya adalah investor yang baru belajar investasi dan/atau sudah mendekati masa pensiun.
Moderat

Sudah bisa menerima jika dana investasi sedikit turun sebagai risiko investasi, tujuan investasi jangka menengah, prioritas utama adalah pendapatan yang terukur dalam jangka menengah dan kemudahan mencairkan kembali dana investasinya Produk yang sesuai adalah produk Reksa dana pendapatan tetap, Reksa dana terproteksi dan Reksa dana campuran. Umumnya adalah investor yang sudah mulai mengenal investasi dan, usia produktif namun belum berani mengambil risiko besar.
Agresif

Mencari pertumbuhan yang tinggi atas dana investasi. Memahami bahwa volatilitas tinggi dalam jangka pendek masih dapat diterima dengan tujuan untuk mencari tingkat pertumbuhan yang tinggi dalam jangka panjang. Tujuan investasinya menengah panjang, bukan saja untuk pendapatan namun sebagai cara untuk meningkatkan kekayaan. Lebih berani untuk mengambil risiko turunnya dana investasi Produk investasi yang sesuai adalah Reksa dana campuran dan Reksa dana saham.
Umumnya adalah investor yang sudah terbiasa dengan investasi dan masih usia produktif

Dengan mengenali profil risiko anda, anda dapat mulai merencanakan jenis-jenis Reksa dana apa yang akan anda amati. Jika profil risiko anda konservatif, sebaiknya hindari dulu jenis reksa dana dengan imbal hasil yang tinggi seperti Reksa dana saham, karena risiko kenaikan dan penurunan investasi anda akan sangat meresahkan anda.

Jika profil risiko anda moderat, mulailah mempelajari jenis reksa dana Pasar uang, Reksa dana Pendapatan tetap dan Reksa dana Campuran

Jika profil risiko anda agresif, anda dapat menambahkan jenis Reksa dana saham untuk anda pelajari selain jenis reksa dana Pasar uang, Reksa dana Pendapatan tetap dan Reksa dana Campuran

Tahapan selanjutnya adalah Kenali jenis-jenis Reksa dana akan kita bahas di artikel berikutnya.

Happy Investing !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *