Reksa Dana, Investasi Masa Kini

Belakangan ini Reksa Dana sering menjadi buah bibir atau perbincangan di beberapa kalangan. Sebelumnya, sudah tahukah Anda apa itu reksa dana?
Reksa Dana merupakan cara unik untuk berinvestasi, salah satu keunikannya adalah Anda tidak perlu mengatur secara langsung investasi Anda karena Reksa Dana memiliki Manager Investasi. Dimana dana yang Anda investasikan diatur dan dikelola oleh perusahan investasi yang Anda pilih. Selain itu, memulai untuk berinvestasi dalam Reksa Dana tidak memerlukan dana yang cukup besar sehingga siapa saja yang sudah berumur di atas 17 tahun dapat memulai berinvestasi di Reksa Dana.
Tapi tahukah Anda apa itu Reksa Dana dan kenapa banyak orang menyukai jenis investasi ini?
Menurut UU Pasar Modal, Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Jika kita tarik dari pengertian tersebut maka Reksa Dana adalah jenis investasi yang mengumpulkan dana dari para investor dan dana tersebut akan diinvestsaikan oleh manager investasi diberbagai instrument investasi seperti saham, obligasi, pasar uang dan lainnya.

Nah …
Kenapa Reksa Dana menjadi investasi masa kini? Karena masyarakat sekarang terlalu sibuk untuk mengurus investasinya sendiri. Kebanyakan masyarakat urban sudah memiliki tingkat stress yang tinggi dalam hal pekerjaan, perjalanan dari rumah ke kantor atau sebaliknya, atau pun masalah relationship. Sehingga dengan melakukan investasi Reksa Dana, masyarakat dapat melakukan investasi untuk masa depan tanpa harus repot mengurus investasi itu sendiri.

Dalam Reksa Dana ada yang namanya manajer investasi dimana manajer investasi akan mengolah dana investasi yang diberikan untuk diinvestasikan di beberapa instrumen investasi. Manajer investasi akan mencari peluang untuk mendapatkan keuntungan dari setiap investasi yang dimulai. Sehingga masyarakat dapat menentukan tujuan dari investasi yang dilakukan. Dan setiap orang dapat memiliki impian yang mereka impikan.

 

Source :

Detik Forum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *