140 Kader Menwa Jalani Diksarmil di Menkav 2 Marinir

Sebanyak 140 kader Resimen Mahasiswa (Menwa) se-Jakarta (Skomen Jaya) menjalani kegiatan Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil)/Bela Negara di Resimen Kavaleri (Menkav) 2 Marinir, Cilandak, Jakarta. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 10 hari yang dimulai pada hari Senin (23/5/2016) lalu. kegiatan ini diikuti pula oleh 70 orang lainnya yang tergabung dari unsur ormas Baladika, FKPPI dan Laskar Merah Putih.

“Saya Perwira Staf Operasi, makanya saya harus menempel di kegiatan para peserta ini. Untuk kegiatan kepelatihan ini (Bela Negara) kan dari beberapa elemen masyarakat, dari Resimen Mahasiswa se-DKI Jakarta , Baladika, FKPPI sama Laskar Merah Putih. Kita tidak membeda-bedakan, kita sama ratakan,” ujar Komandan Latihan Kapten Marinir Imran Yusuf (24/5/2016).

Kegiatan tersebut ditujukan untuk mendidik dan melatih kedisiplinan, mental, jiwa korsa, rasa saling menghargai dan menghormati serta kepatuhan terhadap peraturan.

“Tujuan kita diperintah untuk mendidik mereka itu, karena dasarnya setiap warga negara itu semuanya memiliki hak untuk Bela Negara, dasarnya seperti itu. Kita mendidik mereka itu untuk melatih disiplin, mental, jiwa korsa, yang berikutnya rasa saling menghargai dan menghormati serta yang terpenting kepatuhan terhadap peraturan,” tutur prajurit lulusan AAL tahun 2005 tersebut.

resimen mahasiswa
Sumber gambar: Dok. Skomen Jaya

Imran menambahkan, dengan adanya pendidikan dan pelatihan Bela Negara tersebut, merupakan salah satu usaha untuk menangkal faham-faham ekstrimisme. Dengan adanya Bela Negara berarti menanamkan jiwa-jiwa cinta tanah air dan wawasan nusantara sejarah kebangsaan. Dengan begitu, diharapkan meraka akan tumbuh dan secara tidak langsung akan dapat menangkal faham-faham ekstrimis masuk ke mereka.

Untuk porsi kegiatan, Imran menegaskan bahwa kegiatan Diksarmil tersebut dibedakan, tidak seperti yang diterapkan untuk TNI. “Kalau porsi antara TNI dengan sipil jelas kita bedakan, kita tidak bisa menyamakan latihan TNI dikasihkan ke mereka. Namanya dari sipil kan kepelatihan seperti ini sangat banyak kegiatan dan diporsir. Kalau kita samakan dengan latihan militer, wah selesai mereka,” tandasnya.

Baca Juga:

Mau Tahu Seperti Apa Diksarmil Menwa Di Menkav 2 Marinir?

The post 140 Kader Menwa Jalani Diksarmil di Menkav 2 Marinir appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *