2018, Kapal Patroli Arktik Pertama AL Rusia Siap Beraksi

Kapal Patroli Arktik pertama Angkatan Laut (AL) Rusia direncanakan siap beraksi pada 2018. Kapal patroli es pertama Rusia yang akan dikerahkan ke Kutub Utara tersebut direncanakan akan segera dibangun tahun ini. Rencananya, kapal tersebut akan ditugaskan pada akhir 2019 mendatang. Hal tersebut seperti yang diutarakan oleh Kepala Departemen Pesanan dan Pelaksanaan Pertahanan Negara Kementerian Pertahanan Rusia Kapten Andrei Vernigora, dalam lansiran Sputnik, Jumat (10/6).

“Pada musim gugur ini, kapal patroli pemecah es akan dibangun. Kontraknya telah ditandatangani. Kapal pertama akan berlayar pada tahun 2018 atau 2019,” ujar Vernigora saat upacara peluncuran Ilya Muromets, kapal pemecah es baru Rusia yang pertama selama 40 tahun, seperti yang dikutip dari RBTH Indonesia.

Ilya Muromets, Kapal pemecah es generasi terbaru bertenaga diesel-listrik ini sengaja dirancang khusus untuk Angkatan Laut Rusia. Kapal tersebut pun telah diluncurkan di Galangan Kapal Admiralty, Sankt Peterburg pada hari sebelumnya.

Rusia telah meningkatkan aktivitas militer, perdagangan, dan eksplorasi di kawasan Kutub Utara. Rusia pun telah membangun infrastruktur transportasi dan produksi energy. Tak ketinggalan, Rusia pun memasang fasilitas militer dan mengembangkan rute perjalanan di Laut Utara yang menghubungkan antara Eropa dengan Asia.

The post 2018, Kapal Patroli Arktik Pertama AL Rusia Siap Beraksi appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *