844 Perusahaan Bakal Jor-Joran di Indo Defence 2016 Expo & Forum

Sumber gambar: Reni R.

Indo Defence 2016 Expo & Forum yang ketujuh akan diikuti 844 peserta perusahaan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Ada 573 perusahaan asing yang sebagiannya berskala dunia, serta 271 perusahaan dalam negeri yang bergerak di industri pertahanan sudah konfirmasi sampai hari ini,” ujar Brigjen TNI Jan Pieter Ate, Ketua Pelaksana Indo Defence 2016 Expo & Forum, siang tadi (26/10/2016) di Kementerian Pertahanan Jakarta.

Menurut Jan, ikutsertaan perusahaan berskala dunia, seperti Boeing Defence Space & Security, Airbus Group, BAe System, Thales, SAAB, dan Lockheed Martin, menunjukkan bobot dari penyelenggaraan pameran industri pertahanan berskala internasional ini. Di samping itu, jumlah peserta pada kegiatan dua tahunan ini terus naik; tahun 2014 ada 672 peserta dan tahun 2012 ada 603 peserta.

“Harapannya, pada tahun 2018 minat eksibitor akan makin meningkat. Suatu saat jadi yang terbesar dari event sejenis yang terbesar. Kita kerja keras untuk itu, sehingga bisa kita banggakan,” tutur Jan, yang adalah Direktur Teknologi Industri Pertahanan, Ditjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan.

Dari 844 peserta itu ada 28 delegasi resmi yang hadir, 22 di antaranya akan mendirikan paviliun. Bahkan enam Menteri Pertahanan dari, antara lain, Yunani, Pakistan, Cekoslovakia, dan Timor Leste, sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir.

Menurut Jan, penyelenggaraan Indo Defence itu untuk meletakkan dasar yang kuat bagi perusahaan dalam negeri berinteraksi dan menjalin kemitraan dengan perusahaan global. Dengan demikian, ketergantungan terhadap pihak luar sedikit demi sedikit dikurangi dan mencapai kemandirian dalam industri pertahanan nasional.

Indo Defence 2016 Expo & Forum, yang juga menyertakan Indo Aerospace 2016 Expo & Forum, Indo Marine 2016 Expo & Forum, dan Indo Helicopter 2016 Expo & Forum, akan digelar 2-5 November nanti di JIExpo Kemayoran Jakarta. Rencananya ajang promosi bagi produsen peralatan pertahanan dan keamanan internasional ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

The post 844 Perusahaan Bakal Jor-Joran di Indo Defence 2016 Expo & Forum appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *