AirAsia Luncurkan Fasilitas Auto Bag Pertama di Indonesia

AirAsia luncurkan fasilitas Auto Bag Drop pertama di Indonesia yang dilangsungkan di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Peluncuran fasilitas self-service untuk bagasi ini adalah wujud konsistensi AirAsia sebagai pionir penerapan layanan berteknologi di industri penerbangan tanah air yang mengedepankan inovasi dan efisiensi.

Dalam acara peluncuran yang berlangsung di Area Check-In Internasional bandara I Gusti Ngurah Rai tersebut turut pula disimulasikan kemudahan dan kecepatan proses Auto Bag Drop serta pengaruhnya terhadap kapasitas konter check-in.

Auto Bag Drop berguna untuk mempermudah penumpang yang telah memiliki boarding pass dalam melakukan proses penyerahan bagasi tanpa bantuan petugas. Fasilitas ini didukung layanan Self Bag Tag yang tersedia di kios Self-Service, yang memungkinkan penumpang mencetak tanda bagasi dan memasangkannya sendiri. Saat ini Fasilitas Auto Bag Drop AirAsia tersedia di Terminal Keberangkatan Domestik dan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan akan diterapkan di bandara lainnya di Indonesia.

“Fasilitas Auto Bag Drop menambah pengalaman baru terbang bersama AirAsia setelah sebelumnya masyarakat diperkenalkan dengan fitur inovatif seperti web check-in, mobile check-in, dan e-boarding pass. Di samping itu, secara teknis Auto Bag Drop diharapkan dapat mempersingkat waktu layanan konter secara signifikan sehingga penumpang dapat terhindar dari antrian panjang di konter konvensional,” tutur Director of Commercial AirAsia Indonesia Andy Adrian Febryanto (Selasa, 28/6/2016).

Andy menambahkan, bahwa penempatan fasilitas tersebut di Bali sebagai lokasi pertama juga dimaksudkan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan domestik pada libur lebaran. Selain itu juga untuk mengantisipasi wisawatan asing yang berkunjung untuk menghabiskan libur musim panas dan tengah tahun di Bali, terutama dari negara-negara di Timur Tengah, Asia Timur, Eropa dan Australia.

Fasilitas Auto Bag Drop dilengkapi berbagai fitur yang menjamin keamanan proses. Sekiranya bagasi tidak dapat diterima akibat keterlambatan dalam penyerahan atau hal lain, mesin Auto Bag Drop akan secara otomatis membatalkan proses. Selain itu, petugas AirAsia juga akan mengawasi barang bawaan penumpang yang masuk ke konter Auto Bag Drop. Bagasi yang melebihi ukuran, berat, atau butuh penanganan khusus, akan diarahkan untuk diproses secara manual.

Fasilitas Auto Bag Drop AirAsia dapat digunakan oleh penumpang yang telah memiliki boarding pass tiga hingga satu jam sebelum jadwal keberangkatan internasional atau dua hingga satu jam sebelum keberangkatan domestik. Sebelum menuju konter Auto Bag Drop penumpang dapat mencetak tanda bagasi di kios Self-Service dan memasangkannya sesuai instruksi yang tertera. Selanjutnya, penumpang dapat menuju konter Auto Bag Drop dan mengikuti petunjuk di layar.

The post AirAsia Luncurkan Fasilitas Auto Bag Pertama di Indonesia appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *