Airbus Kembangkan Pesawat dengan 3D Printer Pertama di Dunia

Ada hal unik yang dipamerkan Airbus di Berlin Air Show 2016 lalu. Tidak cuma memperlihatkan kemegahan A380 atau mutakhirnya teknologi yang dibenamkan dalam A350, Airbus juga memamerkan sebuah pesawat yang dibuat dengan alat pencetak 3 dimensi, atau 3D printer.

Nama pesawat itu Thor, kependekan dari Test of High-tech Objectives in Realty. Pesawat tanpa awak ini lahir dengan panjang sekitar empat meter dan berat yang tak lebih dari 25 kg.

Hampir semua bagian Thor dibuat lewat 3D printer. Hanya tiga bagian Thor yang tidak melewati cetak tiga dimensi, yaitu mesin, sistem listrik beserta flight control, dan roda pendarat. Sisanya, tim riset Airbus menyerahkan kelahiran Thor di tangan 3D printer.

Part-part Airbus Thor setelah dicetak di 3D printer. Sumber gambar: 3Dprint.com
Part-part Airbus Thor setelah dicetak di 3D printer. Sumber gambar: 3Dprint.com

“Ini adalah tes untuk melihat apa yang bisa dikerjakan 3D printer untuk dunia penerbangan,” ujar Detlev Konigorski, penanggung jawab pengembangan Thor.

Airbus mulai menggandeng teknologi pencetak tiga dimensi ini untuk mempercepat produksi sebuah pesawat di masa depan. Angan-angannya, harga sebuah pesawat bisa lebih murah dan lebih cepat diproduksi.

Keseriusan ini tidak main-main. Airbus disebut-sebut sudah menghabiskan lebih dari 2 juta dolar AS untuk pengadaan fasilitas pencetakan metal 3D.

Tim pengembang Airbus Thor. Sumber gambar: UASvision.com
Tim pengembang Airbus Thor. Sumber gambar: UASvision.com

The post Airbus Kembangkan Pesawat dengan 3D Printer Pertama di Dunia appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *