Airbus Siapkan Lebih Dari 33.000 Pesawat Untuk 20 Tahun ke Depan

Produsen pesawat kawakan asal Perancis, Airbus, Siapkan Lebih Dari 33.000 unit pesawat baru untuk 20 tahun ke depan dengan nilai lebih dari lima triliun dolar AS. Pada pembukaan Farnborough International Airshow, perusahaan raksasa penerbangan ini mempresentasikan Global Market Forecast Airbus 2016-2035.

Dalam presentasi tersebut menyebutkan bahwa proyeksi kebutuhan pesawat menembus lebih dari 33.000 unit pesawat baru dengan rancangan lebih dari 100 kursi dalam kurun waktu 20 tahun yang didorong oleh pertumbuhan lalu lintas penumpang.

Urbanisasi dan pertumbuhan kesejahteraan di negara-negara berkembang, khususnya Asia, menjadi faktor determinan penggerak tumbuhnya lalu lintas udara tersebut.

“Kami tengah memperkuat produksi untuk memenuhi pemintaan pasar akan produk pesawat terkemuka kami. Menanggapi meningkatnya permintaan transportasi udara, kami juga akan memperkuat penawaran pelayanan pelanggan kami,” ujar Airbus Chief Operating Officer, Customers, John Leahy dalam rilis yang kami terima, Rabu (13/7/2016).

Secara global, lalu lintas penumpang diproyeksikan tumbuh pada persentase rata-rata 4,5% per tahan. Langkah yang yang dilakukan Airbus bermaksud untuk mendorong kebutuhan akan lebih dari 33.000 pesawat baru dengan lebih dari 100 kursi senilai 5,2 triliun dolar AS. Prediksi Airbus pada tahun 2035, armada pesawat dunia akan meningkat hingga dua kali lipat menjadi 40.000 dari jumlah saat ini yakni 19.500.

Kombinasi populasi lebih dari enam militar penduduk di kawasan Asia pun menjadi subjek analisa Airbus dalam merancang strategi marketnya untuk dua puluh tahun mendatang, karena memang Asia merupakan lahan pasar yang cukup seksi dan berpotensi besar. Airbus memprediksi pertumbuhan ekonomi di Asia akan tumbuh sebesar 5,6% per tahun.

Selain itu, Airbus menilai kecenderungan untuk berpergian akan meningkat hingga tiga kali lipat menjadi 75% dari jumlah populasi. Dalam kurun waktu sepuluh tahun, lalu lintas domestik udara Cina diprediksi akan menjadi yang terbesar di dunia.

Airbus pun memprediksi pertumbuhan lalu lintas udara akan didominasi oleh pesawat yang lebih besar, dan telah mengalami pertumbuhan sebesar 40% sejak 1980. Fokus pada pertumbuhan yang berkelanjutan juga telah memungkinkan menurunnya pembakaran dan suara  hingga sekurangnya 70% dalam kurun waktu 40 tahun terakhir.

The post Airbus Siapkan Lebih Dari 33.000 Pesawat Untuk 20 Tahun ke Depan appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *