Akhirnya, Israel Bakal Terbangkan Pesawat Tempur F-35

Setelah sempat dianggap sebuah hoax, akhirnya pemerintah Israel menyatakan secara resmi bahwa pihaknya akan ikut mengoperasikan pesawat tempur F-35 Lightning II. Belum diketahui berapa unit pesawat tempur F-35 yang akan dioperasikan.

Bukan sekedar rumor, pihak Departemen Pertahanan Israel menyatakan, pihaknya akan menerima pesawat tempur F-35 pertamanya hari Rabu besok (22/6/2016). Penyerahan akan dilakukan di fasilitas produksi Lockheed Martin di Fort Worth, Texas, AS dan dihadiri langsung oleh Menteri Pertahanan Israel Avigdor Liberman dan pejabat tinggi Angkatan Udara Israel.

Dengan penyerahan pesawat tempur F-35 Lightning II ini Israel menjadi negara pertama di luar AS yang mengoperasikan pesawat generasi ke lima tersebut. Kehadiran F-35 ini juga akan mengubah peta pertahanan udara di kawasan tersebut.

Pengoperasian pesawat tempur F-35 oleh Israel ini diikuti rumor yang mengatakan bahwa pesawat tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda dengan F-35 lainnya. Maj.Gen. Amir Eshel, Kepala Staf IAF menguatkan rumor ini. Ia mengatakan, Israel meminta adanya upgrade di sistem pengumpulan data intelijen.

“Saat saya berbicara tentang intelijen dan target, saya berbicara soal pengumpulan data-data tersebut dalam 24 jam penuh dan membuat prioritas secara otomatis. Juga soal pembangunan jaringan penerbangan yang besar, antara pesawat tempur, helikopter, hingga drone,” jelasnya seperti dikutip oleh Jerusalem Post.

The post Akhirnya, Israel Bakal Terbangkan Pesawat Tempur F-35 appeared first on Majalah Angkasa Online.

Majalah Angkasa Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *